TOPIK TERPOPULER
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (ketiga dari kanan) saat sedang meninjau renovasi komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK) yang akan digunakan untuk pelaksanaan Asian Games 2018, Jumat (2/12/2016) pagi.
KEMENPORA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (ketiga dari kanan) saat sedang meninjau renovasi komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK) yang akan digunakan untuk pelaksanaan Asian Games 2018, Jumat (2/12/2016) pagi.

Presiden Jokowi Berharap Renovasi GBK Selesai pada November 2017

JAKARTA, JUARA.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau renovasi komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK) yang akan digunakan untuk Asian Games 2018, pada Jumat (2/12/2016) pagi.

Setelah tiba di komplek GBK pada pukul 08.00 WIB, Jokowi langsung melihat-lihat beberapa lokasi venue di antaranya stadion utama, venue aquatic, basket, dan bisbol.

Mengawali peninjauan, Jokowi langsung mengamati bangku yang nantinya akan dipasang di tribun penonton dan mencoba duduk di salah satu bangkit.

Jokowi kemudian berkeliling stadion yang tampak dirombak total itu. Dari Stadion Utama GBK, Jokowi melanjutkan ke renovasi kolam renang.  

"Sekarang ini kami melakukan renovasi kawasan GBK dengan jumlah anggaran Rp 3,5 triliun. Renovasi ini mencakup Stadion Utama GBK, Istora, kolom renang Aquatik, basket, bisbol. Kami berharap renovasi ini selesai pada November 2017. Saat ini perkembangannya sudah mencapai 11 persen," ucap Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengakan bahwa pada pertengahan Desember 2016, pihaknya akan menentukan cabang olahraga yang akan digelar di GBK.

"Tentu kami berharap cabang Aquatik, bisbol, cabang bela diri bisa berlangsung di GBK. Pak Basuki beserta tim bekerja dengan luar biasa dan kami senang dengan perkembangan venue yang akan digunakan untuk Asian Games," tutur Imam.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, menjelaskan bahwa proses renovasi di GBK tidak hanya fokus pada venue pertandingan, tetapi juga untuk kawasan GBK.

"Kawasan ini akan kita rehabilitasu dengan tetap memperhatikan lingkungan dan ruang terbuka hijau. Untuk venue yang baru dibangun adalah bisbol di area yang dulunya menjadi venue cabang tenis. Untuk kolam renang kini memiliki 10 line dari semula 8 line," tutur Basuki.

Asian Games 2018 dijadwalkan pada 18 Agustus-2 September di Jakarta dan Palembang dan akan mempertandingkan 40 cabang olahraga.

  • Editor: Delia Mustikasari
  • Sumber: KEMENPORA
TOPIK :

Komentar