Jateng dan Jatim Juara Kejurnas Basket U-16

By Selasa, 11 April 2017 | 10:01 WIB
Tim putra Jateng, juara Kejurnas Bola Basket U-16.
GONANG SUSATYO/JUARA.net
Tim putra Jateng, juara Kejurnas Bola Basket U-16.

16. Pada final putra yang digelar di GOR Klebengan, Yogyakarta, Senin (10/4/2017, Jateng menaklukkan Jatim 71-53.

Kegagalan Jatim di laga final sepertinya menjadi antiklimaks. Pasalnya, Jatim bermain luar biasa sepanjang kejuaraan. Bahkan Jateng pun dikalahkan di pertandingan sebelumnya.

Tetapi, Jateng mampu membalaskan kekalahan di laga puncak. Strategi pelatih Jateng You Tjia Yen yang menekan lawan sejak kuarter pertama memang membuahkan hasil.

“Tak hanya menekan lawan, tetapi setiap mereka memegang bola, kami berusaha dia tidak bergerak leluasa. Strategi membuat tembakan tiga angka juga membuahkan hasil. Saat tim mampu mencetak tiga angka lebih dari tiga kali dalam satu kuarter, ini sudah memengaruhi mental lawan,” kata You.

“Menariknya, Jatim yang biasanya tampil menekan tetapi kali ini malah lebih banyak bertahan. Ini yang kemudian kami manfaatkan,” ujarnya lagi.

Menurut dia, tim belajar dari kekalahan di laga sebelumnya. Termasuk mematikan Andre Marcelino yang selalu menjadi penyumbang angka bagi Jatim.

Baca Juga:

“Kami paksa dia lebih banyak bergerak di sisi kiri. Dari sisi itu, tembakan dia kurang bagus dibandingkan dari sisi kanan. Meski demikian, dia masih bisa mencetak 10 angka atau tertingi ketiga di timnya,” tutur You.

Sementara itu, tim putri Jatim sukses mengalahkan DKI Jakarta lewat keunggulan setengah bola 50-49. Pertarungan final putri memang berjalan ketat. Kedua tim saling mengejar angka di kuarter ketiga dan empat. Tetapi Jatim akhirnya bisa mengungguli lawannya saat pertandingan tersisa enam detik.

“Kuncinya adalah defense dan tentu saja keberuntungan. Kami sempat tersusul karena penampilan tim tak konsisten. Permainan kami menurun saat tim mendapat tekanan. Tetapi kami berhasil bangkit untuk memenangkan  laga,” ucap pelatih Maddis Abieza.

Pemain yang tampil di Kejurnas juga dijaring masuk tim nasional U-16. Mereka yang dipanggil timnas akan berlaga di SEABA U-16, Mei 2017.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X