Jan Oblak: 100 dan Clean Sheet

By Sabtu, 1 April 2017 | 11:21 WIB
Ekspresi kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, saat mengikuti sesi latihan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, pada 27 Mei 2016 menjelang laga final Liga Champions 2015-2016 melawan Real Madrid.
MATTHIAS HANGST/GETTY IMAGES
Ekspresi kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, saat mengikuti sesi latihan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, pada 27 Mei 2016 menjelang laga final Liga Champions 2015-2016 melawan Real Madrid.

Tantangan rumit dihadapi oleh Jan Oblak begitu datang ke Atletico dari Benfica pada 2014. Ia harus bisa menjaga standar tinggi Los Colchoneros, yang baru saja menjuarai La Liga serta tampil sebagai finalis Liga Champions.

Penulis: Sem Bagaskara

Oblak direkrut dengan biaya 16 juta euro (sekitar 229,7 miliar rupiah) guna mengisi tempat Thibaut Courtois, yang kembali ke klub pemiliknya: Chelsea. Bayang-bayang kehebatan Courtois plus embel-embel sebagai kiper termahal yang pernah direkrut klub La Liga menambah berat beban di pundak Oblak.

Namun, Oblak sukses menjawab ekspektasi tinggi suporter Atletico. Kecekatan Oblak di bawah mistar gawang adalah salah satu alasan kenapa gawang Los Colchoneros begitu susah dibobol.

"Oblak adalah kiper terbaik di dunia dan setiap laga menjadi pembuktiannya," kata penyerang Atletico, Antoine Griezmann, di Marca.

Cerita soal kehebatan Courtois dengan segera menjadi dongeng usang. Di La Liga 2015-16 Oblak meraih 24 clean sheet dan cuma 18 kali kebobolan.

Terbaik

Ia melewati rekor Courtois pada 2012-13 dan 2013-14, yang selalu mengakhiri musim dengan koleksi 20 clean sheet. Pada musim lalu, Oblak menyandang status sebagai kiper peraih Trofeo Zamora terbaik sepanjang sejarah.

Ia sejajar dengan Paco Liano (Deportivo La Coruna), yang juga hanya kemasukan 18 kali dalam 38 laga pada 1993-94. Prestasi sensasional musim lalu memang tak mungkin diulangi Oblak.

Baca Juga:


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.755


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.