Sergi Roberto, Sang Penambal Lubang Barcelona

By Sabtu, 28 November 2015 | 13:30 WIB
Sergi Roberto, tampil gemilang di setiap posisi yang dimainkan.
CURTO DE LA TORRE/AFP
Sergi Roberto, tampil gemilang di setiap posisi yang dimainkan.

Luis Enrique tahu persis betapa rumit pekerjaan yang menantinya pada musim 2015-16. Untung saja, ia punya seorang Sergi Roberto.

Belitan sanksi FIFA dalam dua periode transfer seolah tak cukup pelik, Barca malah kehilangan Pedro Rodriguez, Gerard Deulofeu, Ibrahim Afellay, Adama Traore, Alex Song, dan Xavi Hernandez secara berbarengan.

Keenam pemain itu memang bukan penghuni skuat inti Barca pada musim treble 2014/15. Sebagian bahkan menjalani masa pinjaman di luar Camp Nou. Namun, tenaga mereka jelas diperlukan untuk memastikan rotasi pemain berjalan dengan lancar, tanpa adanya kemerosotan kualitas yang signifi kan.

Rotasi tersebut bisa berupa keputusan strategis pelatih, faktor cedera, hingga sanksi akibat kartu merah atau akumulasi kartu kuning. Bahkan bisa juga berupa hukuman panjang layaknya yang diterima Gerard Pique di empat partai pembuka Primera Division La Liga.

Enrique mungkin jarang menerapkan rotasi berdasar keputusan strategis. Mayoritas aksi bongkarpasang komposisi yang dilakoninya lebih sering dikarenakan masalahcedera. Dimulai Dani Alves di posisi bek kanan, Andres Iniesta ditengah, hingga Lionel Messi di pos terdepan.

Logikanya, atau mungkin yang akan dipandang lewat kacamata awam, Enrique akan memasukkan Adriano untuk Dani Alves, Sergi Roberto atau Javier Mascherano untuk Iniesta, dan Munir El Haddadi atau Sandro Ramirez untuk Messi, sebagai pilihan otomatis.

Cerminan Enrique

Dalam beberapa kesempatan, Sergi Roberto memang ditempatkan mengisi kekosongan lini tengah guna bersinergi bareng Sergio Busquets dan Ivan Rakitic. Namun, tentu tak ada yang menyangka apabila di dua posisi lowong tersebut Lucho juga menyempilkan sosok Sergi Roberto.

Ketika menang 2-1 atas Atletico Madrid, Sergi Roberto diturunkan sebagai bek kanan. Di sana, ia terlibat aktif dalam aksi defensif sekaligus ofensif Barca, dengan mencatat empat tekel bersih dan mengemas 64 operan sukses dari total 73 yang dilepaskan.

 Di partai melawan Getafe, Sergi memainkan peran gelandang tengah. Dia mencatat tiga penciptaan peluang serta empat kali melewati lawan. Sementara itu, pada saat sekali lagi bermain di tengah melawan Bayer Leverkusen di LigaChampion, Sergi Roberto memprakarsai sekaligus mencetak gol bagi Azulgrana.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : TABLOID BOLA Edisi 2.642


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.