Atletico-Madrid: Clean Sheet atau Atleti Kalah

By Firzie A. Idris - Minggu, 4 Oktober 2015 | 16:25 WIB
Kembalinya Sergio Ramos, dan Gareth Bale, bisa menjadi kunci sukses Real Madrid saat bertamu ke Vicente Calderon.
Michael Dodge/Getty Images
Kembalinya Sergio Ramos, dan Gareth Bale, bisa menjadi kunci sukses Real Madrid saat bertamu ke Vicente Calderon.

Sejak ditukangi Diego Simeone pada medio 2011-12, perubahan paling signifikan yang terlihat di kubu Atletico Madrid adalah sektor pertahanan.

Sebelum pelatih asal Argentina itu datang, Atleti adalah tim yang terbiasa menderita di atas 50 gol setiap musim.

Sentuhan El Cholo, begitu Simeone dijuluki, kemudian menekan angkanya pada kisaran 28-an gol saja. Di musim 2013/14, saat menjuarai La Liga, Atleti bahkan hanya kemasukan 25 gol.

Tak cuma minim bobol, Atleti di bawah Simeone juga lekat dengan predikat jagoan clean sheet.

Tabiat apik ini masih berlanjut hingga musim 2015/16, di mana Atletico sudah lima kali mencatatkan clean sheet. Empat di kancah Primera Division dan satu di panggung Liga Champion.

Di satu sisi, kondisi ini mengartikan bahwa barisan pertahanan Atleti tetap mampu solid terjaga, meski selalu ditinggal personel inti. Dimulai dari Felipe Luis yang hijrah ke Chelsea musim lalu, dan Joao Miranda, yang memilih berbaju Internazionale di awal kompetisi ini.

Di musim ini, ketika mencatat lima clean sheet, rekor Atleti selalu sempurna. Ya, 100 persen, alias selalu menang.

Hasil-hasil sempurna itu diperoleh tatkala berjumpa La Palmas (1-0), Sevilla (3-0), Eibar (2-0), dan Getafe (2-0), di La Liga, serta Galatasaray (2-0) di matchday 1 LC.

Nah, yang menjadi permasalahan adalah ukiran rekor buruk pada saat Atleti gagal menciptakan clean sheet. Setiap kebobolan gol, kecenderungannya adalah laga mereka berujung dengan kekalahan. Ketiga nirpoin Atletico muncul saat lawan bisa mengoyak jala Jan Oblak.

Tren ini tak melihat apakah Atleti kebobolan duluan, atau mencetak gol lebih dulu. Kekalahan 1-2 dari Barcelona diawali oleh gol Fernando Torres. Begitu pula skor serupa saat takluk dari Benfica, yang dibuka gol Angel Correa.


Editor :
Sumber : Harian BOLA 3 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X