Tur Asia Madrid: Untung Secara Teknis dan Bisnis

By Rabu, 29 Juli 2015 | 21:30 WIB
David Beckham dkk. saat menyapa penggemar di Hong Kong pada 2003.
Getty Images
David Beckham dkk. saat menyapa penggemar di Hong Kong pada 2003.

Seiring kehadiran David Beckham dari Manchester United pada musim panas 2003, Real Madrid menyasar pasar Asia dengan cara mengadakan tur pramusim di Tiongkok, Hong Kong Jepang, dan Thailand.

Ditilik dari kacamata bisnis, langkah tersebut brilian lantaran Beckham punya basis fan sangat kuat di Asia. Kehadiran Beckham melengkapi jajaran bintang yang sudah lebih dulu bercokol di klub kebanggaan Ibu Kota Spanyol itu semodel Ronaldo Luis, Zinedine Zidane, dan Luis Figo.

Citra Madrid pun segera menguat di Benua Kuning dan berdampak kepada kian tebalnya dompet finansial mereka.
Pada 2005/06 Los Blancos (Si Putih) mengambil alih tempat Manchester United sebagai klub dengan pemasukan terbanyak di dunia.

“Dengan kedatangan Beckham plus pemain bintang yang sudah lebih dulu datang, jumlah orang yang menyaksikan sesi latihan kami naik 12 kali lipat,” tutur eks bek Madrid yang turut melakoni tur Asia pada 2003, Francisco Pavon.

Kendati demikian, tur ke Asia pada 2003, menghadirkan dampak negatif bagi performa Los Blancos di atas lapangan hijau. Madrid yang kala itu dipimpin oleh pelatih anyar, Carlos Queiroz, hanya finis di posisi keempat La Liga dan tersingkir di perempat final Liga Champion 2003/04.

Selepas Maret 2004, Madrid bak kehabisan bensin di La Liga. Mereka cuma menang lima kali dari 16 pertandingan! Queiroz hanya bertahan satu musim di kursi kepelatihan Madrid. Pada 24 Mei 2004, ia mendapatkan vonis pemecatan dari Presiden Los Blancos, Florentino Perez.

>>>Berikutnya


Editor :
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.