Pemain Asia Sukses di Jerman karena Adat Disiplin

By Firzie A. Idris - Rabu, 12 Agustus 2015 | 21:46 WIB
Timo Scheunemann (kanan) bersama Tizar Patria, Director Territory Head Fox International Channels untuk Indonesia.
Verdi Hendrawan/JUARA.net
Timo Scheunemann (kanan) bersama Tizar Patria, Director Territory Head Fox International Channels untuk Indonesia.

Bundesliga banyak dihuni oleh pemain-pemain Asia Timur. Sebagian dari mereka, seperti Shinji Okazaki dan Shinji Kagawa bahkan bisa menapak ke Premier League. Menurut mantan pelatih Persema, Timo Scheunemann, adat disiplin Asia Timur sejalan dengan kultur Jerman.

Selain itu, masih banyak nama-nama jagoan Asia lain seperti Makoto Hasebe (Wolfsburg, Nuernberg, Eintracht Frankfurt), Shinji Okazaki (Stuttgart, Mainz), Naohiro Takahara (Hamburg, Eintracht), Jong Tae-se (Koeln), Ji Dong-Won (Augsburg) yang relatif sukses kala merumput di Jerman pada fase-fase waktu berbeda.

Persamaan etika kerja dan berlatih membuat para pemain Asia Timur tak susah beradaptasi di Bundesliga.

"Budaya disiplin Jepang dan Korea cocok dengan adat ala Jerman. J-League kemudian meniru sistem Jerman sehingga tak heran apabila ini memicu meroketnya timnas Korea Selatan dan Jepang. Klub Bundesliga pun tak perlu ragu lagi mengambil pemain dari kedua negara tadi," ujar Scheunemann di sela-sela acara peluncuran tayangan Bundesliga di Indonesia yang digelar oleh Fox Sports di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2015).

Selain itu, menurutnya klub Jerman tak terlalu khawatir dari segi ekonomi karena kompetisi mereka merupakan ladang menciptakan bintang. "Mereka hanya dikontrak jangka pendek dan mengambil pemain dari Asia Timur lebih mudah karena praktis tidak ada harga transfer," ujarnya lagi.

"Para pencari bakat mencari pemain dari segi budaya, ekonomi, dan kualitas. Pemain Jepang dan Korsel dikontrak jangka pendek," lanjutnya.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.