Slot Banyak Kosong, FIFA Kesulitan Cari Sponsor

By Firzie A. Idris - Sabtu, 25 Juli 2015 | 13:10 WIB
Getty Images

Dugaan banyaknya praktek suap di FIFA membuat bada tertinggi sepak bola dunia itu kini kesulitan mencari sponsor-sponsor anyar untuk ajang Piala Dunia.

FIFA menargetkan pendapatan sekitar 3,9 miliar poundsterling dari turnamen Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, hingga saat ini mereka belum bisa  mendatangkan satu sponsor pun sejak berakhirnya gelaran Piala Dunia 2014 lalu di Brasil.

 “Situasi yang kami jalani jelas tidak membantu finalisasi perjanjian-perjanjian finansial baru. Itu fakta,” jelas sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke yang dilansir dari Toronto Sun, setelah drawing Kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Saya yakin tidak akan ada pengumuman besar sampai pemilihan presiden FIFA pada 26 Februari. Setidaknya, saat ini sedang ada dua perusahaan besar yang sedang bernegosiasi,” lanjut Valcke.

FIFA semakin frustasi ketika badan investivigasi Amerika Serika dan Swiss meluncurkan kasus dugaan suap dan pencucian uang. Dugaan tersebut bahkan sudah terungkap dan ini yang membuat sponsor-sponsor loyal FIFA meninjau ulang perjanjian mereka.

Dua sponsor besar seperti Dubai Emirates dan Sony adalah contoh mitra komersial FIFA yang tidak memperpanjang hubungan kerja sejak tahu lalu. Sementara, Coca-Cola dan McDonalds, yang telah lama bergandeng tangan dengan mereka, bersuara lantang dalam mengkritik hierarki FIFA.

Sejauh ini, hanya tujuh dari 14 posisi di dua kategori sponsor teratas FIFA terisi. Plus, tak ada satu pun dari 20 slot di dalam kategori regional yang baru diciptakan untuk meningkatkan pendapatan selama siklus 2010-14 terisi juga.


Editor : Gerry Putra
Sumber : Toronto Sun


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.