Miliarder Korea Selatan Ini Ingin Gantikan Blatter

By Firzie A. Idris - Selasa, 21 Juli 2015 | 23:00 WIB
Chung Mong-joon, mantan wapres FIFA selama 17 tahun yang ingin maju sebagai presiden.
Getty Images
Chung Mong-joon, mantan wapres FIFA selama 17 tahun yang ingin maju sebagai presiden.

Miliarder Korea Selatan, Chung Mong-joon, mengaku berminat mencalonkan diri sebagai presiden FIFA menggantikan Sepp Blatter. Kepada Associated Press mantan wapres FIFA selama 17 tahun itu mengatakan mengisyaratkan bahwa nafas pembaharuan bila presidennya bukan orang Eropa.

Chung adalah tokok utama dibalik kesuksesan Korsel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Jepang. Dia pernah dianggap calon yang menjanjikan untuk menggusur Blatter, tetapi kalah dukungan pada 2011.  Chung juga adalah anggota parlemen Korea Selatan dan calon presiden.

"Blatter telah melakukan apa yang dia inginkan terhadap FIFA selama 40 tahun menjadi sekretaris jenderal. Sementara ia mengatakan akan keluar (mundur), hal itu tidak tampak," kata Chung dalam sebuah wawancara via telepon kepada AP, Selasa (21/7/2015) waktu setempat. "Membiarkan Blatter mengelola rencana dan desain reformasi FIFA  sebelum pemungutan suara pada Februari adalah komedi," katanya seperti dikutip ESPN.

Chung mengatakan berencana melaukan berkonsultasi dengan para pemimpin konfederasi regional dan tokoh-tokoh kunci lainnya sebelum membuat keputusan apakah akan mencalonkan diri. Jika menjadi presiden, Chung berjanji akan menyapu korupsi dan meningkatkan transparansi.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.