Pilpres FIFA 26 Februari 2016, Platini Terdepan

By Suryo Wahono - Senin, 20 Juli 2015 | 22:27 WIB
Michel Platini, kabarnya telah didukung oleh konfederasi FIFA.
Getty Images
Michel Platini, kabarnya telah didukung oleh konfederasi FIFA.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dijadwalkan bakal memilih presiden baru awal tahun depan. Pemilihan direncanakan digelar pada 26 Februari 2016 untuk mencari pengganti Sepp Blatter. Kongres Luar Biasa itu akan dihadiri oleh 209 asosiasi anggota dan mereka akan memutuskan penerus Blatter.

Waktu penyelenggaraan kongres ini mundur dari jadwal yang diharapkan banyak pihan. UEFA telah dikabarkan menghendaki pemilihan diadakan pada Desember.

Calon presiden FIFA harus mendapat dukungan dukungan tertulis dari lima asosiasi anggota untuk bisa maju dalam pemilihan dan wajib mengumumkan niat mereka empat bulan sebelum pemungutan suara. Artinya, batas waktu bagi para calon untuk mengumumkan diri adalah 26 Oktober.

Blatter menyerahkan mandat presiden pada 2 Juni lalu, selang empat hari sejak terpilih kembali untuk kelima kalinya dalam pemilihan yang diwarnai penangkapan tujuh pejabatnya.

Pria berumur 79 tahun itu terpilih setelah mengalahkan pesaing tunggal, Pangeran Ali bin al-Hussein, yang mengundurkan diri setelah mendapat dukungan 73 suara (Blatter: 133) pada putaran pertama pemilihan presiden.

Kini, Michel Platini muncul terdepan sebagai kandidat. Sumber Reuters mengklaim bahwa pemimpin UEFA itu telah mendapat dukungan empat dari enam konfederasi regional di bawah FIFA.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.