Spanyol U-19 Juara, Bintang Asensio Kian Terang

By Firzie A. Idris - Senin, 20 Juli 2015 | 18:13 WIB
AFP

Spanyol mengalahkan Rusia 2-0 di partai final pada Sabtu (19/7/2015) untuk mengangkat gelar U-19 ketujuh dalam 14 tahun terakhir. Pasukan Luis de la Fuente adidaya kala melawan tim Beruang Merah.

Penampilan jenius pada babak pertama laga menjadi fondasi kemenangan atas Rusia di Katerini, Yunani. Gol dicetak oleh Borja Mayoral (39') sebelum Matias Nahuel (78') menambah gol kedua.

Mayoral cs mengikuti pencapaian alumnus pemenang turnamen ini seperti Fernando Torres, Andrés Iniesta, Juan Mata, Gerard Piqué, Sergio Ramos, Juanfran Torres, Roberto Soldado, dan David Silva.

Setelah menjadi juara turnamen U-19 edisi terkini, Spanyol boleh dibilang menemui generasi emas baru. Marca mengatakan bahwa pemimpin angkatan ini adalah Marco Asensio (19), yang media tersebut bilang punya segala kemampuan untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia.

Gelandang serang/penyerang sayap ini menimba ilmu di Real Mallorca sebelum dicomot Real Madrid pada November lalu seharga 3,5 juta euro. Pada musim panas ini ia menjadi salah satu komoditas terpanas Real dengan beberapa sumber mengatakan bahwa lebih dari 15 tim mengutarakan keinginannya untuk meminjam sang pemain.

Kendati tak mencetak gol di final, ia berkontribusi besar terhadap kedua gol timnya. Pertama, Mayoral mencetak gol memanfaatkan bola muntah setelah Asensio melepas tembakan melengkung yang ditepis kiper lawan, Anton Mitryushkin. Kedua, Asensio memberi umpan akurat ke Nahuel untuk menaklukkan Mitryushkin.

"Perasaan ini menakjubkan. Kita harus memberi selamat ke seluruh tim, kami berhak menjadi juara dari awal hingga akhir," ujar sang pemain kepada Sport. Ia lalu menambahkan bahwa rasa kekeluargaan menjadi salah satu rahasia La Roja meraih kesuksesan.

"Kami seperti keluarga, dari pelatih, pemain, hingga mereka yang bekerja di belakang layar. Kami adalah tim hebat dalam bertahan dan menyerang," ujar pencatat tembakan tepat sasaran terbanyak (6) di turnamen tersebut.

Berikut adalah kemenangan Spanyol dan para pencetak gol di final Euro U-19 sebelumnya:


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Marca, UEFA, Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.