Isu Rasisme Merecoki Swedia U-21 Usai Juara Euro

By Indra Citra Sena - Kamis, 2 Juli 2015 | 22:29 WIB
Atlet UFC, Alexander Gustafsson, merespons tindakan rasis salah satu fan Swedia.
Aftonbladet
Atlet UFC, Alexander Gustafsson, merespons tindakan rasis salah satu fan Swedia.

Kampiun Euro U-21, Swedia, ternyata mengandalkan tenaga pemain ‘asing’ alias pemain keturunan negara lain sepanjang turnamen. Setidaknya ada 10 nama yang memiliki darah campuran.

Meski jelas-jelas membantu Swedia memenangi gelar, keberadaan pemain keturunan masih saja dipandang secara negatif oleh beberapa warga lokal. Salah satu fan bahkan melontarkan komentar yang mengarah ke rasisme di jejaring sosial Facebook.

“Hebat. Orang kulit hitam berkolaborasi dengan keturunan Arab di Swedia U-21,” begitu komentar seorang fan.

Aksi rasisme itu lantas menuai kecaman dari atlet UFC asal Swedia, Alexander Gustafsson. Dia meminta kepada para fan agar tak memedulikan darah dan keturunan para personel Tim Viking Junior.

“Bangun kawan. Sekarang sudah 2015. Satu-satunya hal yang patut kita apresiasi bersama adalah kerja keras tim membawa Swedia ke tangga juara,” ujar Gustafsson seperti dilansir Aftonbladet

Mengacu pada situasi terkini, orang Swedia seharusnya tak bereaksi negatif terhadap keberadaan pemain keturunan. Pasalnya, bintang sekaligus kapten tim senior, Zlatan Ibrahimovic, juga berdarah asing, yakni Bosnia-Kroasia.


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.