Juara Euro U-21, Swedia Andalkan Pemain Keturunan

By Indra Citra Sena - Kamis, 2 Juli 2015 | 22:17 WIB
John Guidetti, salah satu pemain keturunan di skuat Swedia U-21.
Jonathan Nackstrand/AFP
John Guidetti, salah satu pemain keturunan di skuat Swedia U-21.

Terdapat sebuah fakta menarik di balik keberhasilan Swedia menjuarai Euro U-21, Selasa (30/6). Kesebelasan berjuluk Si Viking Junior itu ternyata mengandalkan tenaga pemain ‘asing’ sepanjang turnamen.

Maksud dari kata ‘asing’ adalah pemain keturunan negara lain. Setidaknya ada 10 nama yang memiliki darah campuran di dalam skuat Swedia U-21.

Sebanyak tiga pemain bahkan selalu tampil sebagai starter sejak fase grup, yakni Abdul Khalili, Oscar Lewicki, dan John Guidetti. Nama terakhir menjadi pencetak gol terbanyak Swedia di Euro U-21 bersama Simon Tibbling dengan koleksi dua gol.

Saat menghadapi Portugal di partai final, Swedia memasang empat pemain keturunan di starting line-up, yaitu Khalili, Lewicki, Guidetti, dan Alexander Milosevic. Pada babak kedua, jumlah tersebut bertambah dua dengan masuknya Joseph Baffo (46’) dan Robin Quaison (66’).

Keenam pemain keturunan itu saling bahu-membahu bersama rekan setim hingga akhirnya sukses mengantarkan Swedia merengkuh trofi Euro U-21 untuk kali pertama.


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X