RETRO: Pemain Boca Keluhkan Bola Pintar

By Caesar Sardi - Rabu, 1 Juli 2015 | 00:35 WIB
Bola Pintar yang dikeluhkan Boca Juniors.
www.fifa.com
Bola Pintar yang dikeluhkan Boca Juniors.

Ada sesuatu yang menarik saat konferensi pers FIFA pada Jumat (14/12) di Hotel Westin Tokyo. Presiden FIFA, Sepp Blatter, tidak menyebut soal Adidas Intelligent Ball atau Bola Pintar Adidas dalam penjelasan hasil pertemuan Komite Organisasi Piala Dunia Klub 2007.

Blatter baru ingat pada Bola Pintar saat pertengahan acara sesi tanya jawab dengan jurnalis.

“Maaf, saya tadi tak menyebut soal Bola Pintar yang menjadi sejarah dalam sepakbola dunia. Pada pertemuan The International Football Association Board Maret nanti, akan dibahas tentang penggunaan bola ini di masa datang,” kata orang Swiss berusia 71 tahun itu.

Goal line technology dan intelligent ball adalah hasil kerja sama Adidas, sponsor FIFA, dan Cairos. Bola yang dilengkapi cip ini akan mengeluarkan sinyal saat melewati garis gawang. Tujuannya jelas, yakni membantu wasit menentukan telah terjadi gol atau tidak.

Intellegent ball diharapkan dapat dipakai pada Piala Dunia 2010. Piala Dunia Klub 2007 menjadi tes untuk mengetahui apakah bola ini layak dipakai pada ajang besar lain.

Perang Produk

Bola eksperimen ini sempat dikeluhkan para pemain Boca Juniors. Pelatih Miguel Angel Russo juga sependapat dengan pemain.

“Sedikit disayangkan bola seperti ini dipakai untuk pertandingan yang begitu penting. Tapi, kami harus terbiasa bermain dengan bola ini dan itu butuh waktu,” kata Russo dua hari sebelum final kontra Milan.

Sebaliknya kubu Milan menilai tak ada masalah dengan Bola Pintar meski gelandang Clarence Seedorf sempat berkata butuh waktu tidak sebentar untuk beradaptasi dengan si kulit bundar berteknologi ini.

“Bola ini tipe baru, tapi tidak ada perbedaan dengan bola-bola tipe yang lain,” kata bek Kakha Kaladze.

Sementara itu, pelatih Carlo Ancelotti curiga ini adalah bagian dari perang produk mengingat Milan dan Boca memiliki sponsor perlengkapan yang berbeda. I Rossoneri didukung Adidas, sementara Boca disponsori Nike.

(Penulis: Riemantono/Irwandi)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.784, Selasa 18 Desember 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.