Kluivert Antar Negara Kecil Ini Tantang Kuba

By Aning Jati - Minggu, 5 April 2015 | 12:07 WIB
Patrick Kluivert mengantar Curacao ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018.
Robert Cianflone/Getty Images
Patrick Kluivert mengantar Curacao ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018.

berantah" ini memiliki peringkat FIFA yang tak jauh beda dengan Indonesia.

Dari daftar ranking FIFA per 12 Maret, Curacao berada di posisi ke-159, terpaut tiga tingkat dari Indonesia yang berada di peringkat ke-156.

Menariknya, Curacao hanyalah negara kecil, lebih tepatnya negara yang berdiri di sebuah pulau di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela. Curacao merupakan negara penganut monarki konstitusional dan merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda.

Saat ini timnas Curacao dilatih mantan pemain De Oranje, Patrick Kluivert. Dengan ranking FIFA yang lumayan untuk sebuah negara dengan luas 444 kilometer persegi dan populasi sekitar 144 ribu jiwa, Curacao mampu mengalahkan lawan di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF, Montserrat.

Pada leg pertama yang dimainkan di kandang lawan (27/3), tim asuhan Kluivert bermain imbang dengan skor 2-2. Kemudian di leg kedua yang dimainkan di kandang sendiri di Willemstad (31/3), Curacao unggul 2-1, dan sukses melaju ke putaran kedua.

Di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018, Curacao akan bertemu Kuba, pada 8 dan 16 Juni.

Di sisi lain, keberadaan Kluivert di kursi panas tim pelatih Curacao, tak terlalu mengejutkan. Pasalnya, ibunda mantan penggawa Ajax dan AC Milan itu berasal dari Curacao. Kluivert menangani timnas Curacao sejak 5 Maret dan ditugasi menangani Charlton Vicento dkk. selama berkiprah di kualifikasi Piala Dunia 2018.


Editor : Aning Jati
Sumber : AP


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.