Tahan AC Milan, Atalanta Lolos ke Liga Europa

By Minggu, 14 Mei 2017 | 04:04 WIB
Kapten AC Milan, Riccardo Montolivo, mencoba menjaga bola dari kejaran pemain Atalanta, saat kedua tim bertanding di Stadion Atleti d'Azzurri, Sabtu (13/5/2017).
TWITTER @ACMILAN
Kapten AC Milan, Riccardo Montolivo, mencoba menjaga bola dari kejaran pemain Atalanta, saat kedua tim bertanding di Stadion Atleti d'Azzurri, Sabtu (13/5/2017).

Atalanta berhasil melangkah ke Liga Europa untuk musim depan setelah bermain imbang 1-1 kontra AC Milan di Stadion Azzurri d'Italia, Sabtu (13/5/2017) atau Minggu dini hari WIB. 

Pada laga tersebut, AC Milan tertinggal terlebih dahulu lewat gol Andrea Conti (44'). AC Milan bisa mengamankan satu poin dari Bergamo berkat gol Gerard Deulofeu, dua menit menjelang laga berakhir.

Kans Atalanta lolos ke kompetisi antarklub Eropa untuk kali pertama dalam 26 tahun terakhir itu terbuka lebar setelah Conti membuka keran gol pada pengujung babak pertama. Dia memanfaatkan bola liar hasil tembakan Leonardo Spinazzola yang ditepis Gianluigi Donnarumma.

Akan tetapi, AC Milan yang berharap tak kembali absen di kompetisi antarklub Eropa, pantang menyerah. Pada menit ke-88, kendati berbau offside, Deulofeu bisa mengubah skor menjadi 1-1 dan menjaga AC Milan tetap berada di posisi keenam dengan koleksi 60 poin.

Kendati seri, Atalanta sudah dipastikan melangkah ke Liga Europa musim depan karena tak mungkin terlempar dari enam besar. Dengan koleksi 66 poin dari 36 laga, pasukan Gian Piero Gasperini itu tak mungkin terkejar oleh Fiorentina (59 poin) atau Inter Milan.

Sejatinya, Serie A - kasta teratas Liga Italia - hanya menyetor wakil ke Liga Europa untuk posisi keempat dan kelima. Namun, karena Juventus dan Lazio merupakan penghuni lima besar klasemen, otomatis peserta tambahan Liga Europa dari Italia diambil dari peringkat keenam Serie A.

Sementara itu, hasil seri tetap menjaga peluang AC Milan untuk lolos ke kompetisi antarklub Eropa. Kabar baik lain bagi pendukung I Rossoneri - julukan AC Milan - adalah kembalinya Riccardo Montolivo ke lapangan hijau setelah sempat absen lama karena cedera.

Baca juga: Hanya Segelintir Pemain AC Milan Perlu Menetap

Pada pertandingan lain yang dilangsungkan Sabtu, Fiorentina menjaga asa untuk tampil di kompetisi antarklub Eropa musim depan setelah menang 3-2 atas Lazio di Stadion Artemio Franchi.

Sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol Balde Keita (55'), Atalanta bangkit dan menjauh berkat gol Khouma Babacar (67'), Nikola Kalinic (73'), dan bunuh diri Cristiano Lombardi (76').


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Football Italia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.