Adem Ljajic, dari Figuran Sampai Menjadi Raja Assist

By Beri Bagja - Kamis, 26 November 2015 | 21:53 WIB
Adem Ljajic (depan), saat ikut merayakan gol Inter Milan ke gawang Frosinone dalam partai Serie A di Giuseppe Meazza, 22 November 2015.
Marco Luzzani/Getty Images
Adem Ljajic (depan), saat ikut merayakan gol Inter Milan ke gawang Frosinone dalam partai Serie A di Giuseppe Meazza, 22 November 2015.

 Adem Ljajic sempat melakoni awalan yang sulit ketika memutuskan bergabung dengan Inter Milan pada hari terakhir pembukaan bursa musim panas lalu. Seiring waktu berjalan, kesulitan itu mengelupas dan membuka lapisan kebahagiaan.

Ljajic dipinjam Inter Milan dari AS Roma dengan opsi klausul penebusan permanen berbiaya 11 juta euro. Pada pekan-pekan awal, tampak sangat sulit bagi Inter mengaktifkan opsi tersebut akhir musim nanti.

Pasalnya, jangankan tampil bagus guna memikat pelatih, kuota menit bermain pun amat terbatas bagi Ljajic. Dalam delapan laga perdana yang dilakoni Nerazzurri, pemain menyerang asal Serbia itu cuma berkeringat selama 59 menit!

Ia cuma tampil dalam tiga pertandingan. Empat kali hanya sebagai figuran di bangku cadangan, dan sekali absen akibat masalah otot. Ljajic tampak seperti semakin tersisih ketika timnya gagal merangkai kemenangan dalam empat pekan selama periode 27 September-24 Oktober.

Ketika itu, media Italia ramai memberitakan terjadi perselisihan antara sang pemain dengan pelatih Roberto Mancini. Si bos dikabarkan meminta Ljajic berupaya lebih keras demi mengeluarkan kemampuan terbaik.

Peningkatan performa Ljajic toh hanya tinggal menunggu waktu sampai datangnya taktik dan penempatan posisi yang manjur. Ya, sejak kesuksesan Inter menuntaskan paceklik kemenangan dengan tripoin di kandang Bologna (27/10/2015), Ljajic juga terus menanjak.

[video]http://video.kompas.com/e/4627172386001_ackom_pballball[/video]

Pada laga tersebut, La Beneamata menang 1-0 berkat gol Mauro Icardi. Torehan bomber Argentina itu berasal dari assist Ljajic. Awan kelam pun perlahan pergi meninggalkan Ljajic. Ia dipuji Mancini.

"Adem melakukan pergerakan yang bagus. Dia sangat membantu tim ketika kami kehilangan satu pemain akibat kartu merah," ujar Mancini usai laga kontra Bologna.
"Dia sangat ingin melakukan hal yang baik. Saya menyukai pendekatannya," kata sang pelatih lagi.

Setelah itu, Ljajic tak pernah absen lagi. Sepanjang trilaga terakhir, pemuda berusia 24 tahun itu tampil penuh dalam dua pertandingan. Ia tampak nyaman menerjemahkan variasi pola Mancini, terutama saat memainkan peran sebagai penyerang sayap dalam pola 4-3-3 atau gelandang serang kiri luar (esterno sinistro) pada sistem 4-2-3-1.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.