Alessio Cerci, Solusi atau Kartu Mati?

By Jumat, 27 November 2015 | 11:02 WIB
Penampilan Alessio Cerci di partai melawan Juventus pada pekan ke-13 Serie A 2015-16 memancing kemarahan pelatih Milan, Sinisa Mihajlovic.
Valerio Pennicino/GETTY IMAGES
Penampilan Alessio Cerci di partai melawan Juventus pada pekan ke-13 Serie A 2015-16 memancing kemarahan pelatih Milan, Sinisa Mihajlovic.

Alessio Cerci sempat digadang-gadang bisa menjadi solusi permasalahan AC Milan racikan Filippo Inzaghi pada musim 2014-15.

Ketiadaan penyerang kidal adalah salah satu alasan yang diapungkan Inzaghi saat ia gagal mengantar Milan ke papan atas pada pertengahan musim Serie A 2014-15. Menurut Inzaghi, skema 4-3-3 racikannya akan ideal bila ia dibekali pemain berkaki kuat kiri yang cakap melakukan tusukan ke arah dalam.

Inzaghi kala itu mencoba mengakali situasi dengan cara menyulap pemain kidal asal Jepang, Keisuke Honda, sebagai inverted winger (penyerang sayap yang dimainkan di sisi berlawanan dengan kaki kuat si pemain).

Honda, yang rutin mengisi pos penyerang kanan, boleh dibilang tak bermain di posisi ideal mengingat ia adalah tipikal pemain nomor 10 yang biasa berdiri di belakang ujung tombak.

Cerci, si kidal yang sudah diminati Inzaghi sebelum musim 2014-15 bergulir, akhirnya direkrut Milan pada Januari 2015.

Lantaran tak mendapatkan menit tampil layak bersama Atletico Madrid, pemain yang sempat dijuluki Thierry Henry dari Valmontone itu rela menjalani kontrak peminjaman selama 18 bulan bersama Milan.

Hanya, Cerci ternyata tak sanggup membawa Milan menuju prestasi yang lebih baik. Bahkan ia kesulitan mendapatkan status pemain inti pada paruh kedua Serie A 2014-15.

Peruntungan Cerci sedikit membaik kala tongkat estafet kepelatihan Milan berpindah dari tangan Inzaghi ke Sinisa Mihajlovic. Cerci rutin mengisi susunan starter il Diavolo Rosso (Setan Merah) sejak Mihajlovic konsisten memakai formasi 4-3-3 pada pekan kedelapan Serie A 2015-16.

Cerci memang belum bikin gol, namun ia mendapatkan kredit atas operannya kepada Carlos Bacca di partai versus Sassuolo (2-1) yang berujung penalti, plus tembakannya di laga kontra Lazio (3-1) yang memicu gol Andrea Bertolacci.

Tak aneh jika kemudian nama Cerci muncul lagi di susunan starter Milan yang mentas di markas Juventus pada pekan ke-13 Serie A, Sabtu (21/11/15).


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.