Para Kiper Top Sanjung 20 Tahun Karier Buffon di Serie A

By Theresia Simanjuntak - Kamis, 19 November 2015 | 20:52 WIB
Gianluigi Buffon, merayakan 20 tahun kariernya di Serie A.
VI-IMAGES
Gianluigi Buffon, merayakan 20 tahun kariernya di Serie A.

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, mendapat pujian setinggi langit dari para mantan kiper dan kiper aktif top dunia atas pencapaian 20 tahun berkarier di Serie A.

Tepat pada 19 November 2015, Buffon merayakan debutnya di Serie A pada 20 tahun silam. Kala itu, ia memperkuat Parma dalam laga yang berakhir 0-0 kontra AC Milan.

Bak tak tergerus usia, Buffon, 37 tahun, masih memperlihatkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

Pencapaian terkininya adalah mengantarkan Juventus menjuarai Serie A dan Coppa Italia 2014/15, serta mencapai final Liga Champions musim lalu.

Sejumlah kiper dan mantan kiper mengapresiasi prestasi Buffon. Berikut komentar untuk kapten Juventus dan tim nasional Italia itu seperti dilansir La Gazzetta dello Sport.

Dino Zoff (Legenda kiper Italia dan Juventus)
"Buffon seorang juara dan akan selalu seorang juara. Bahkan bersama Manuel Neuer, yang berusia delapan tahun lebih muda, Buffon masih salah satu kiper terbaik. Setelah kalah di Liga Champion kontra Barcelona musim lalu, saya harap Buffon dapat kesempatan untuk memenanginya. Saya ingin lihat apa yang bisa ia lakukan pada usia 40 tahun."

Francesco Toldo (Eks kiper Internazionale dan Timnas Italia)
"Rahasia konsistensi Buffon sederhana" ia bekerja keras dan selalu ingin tampil lebih baik. Motivasi itu berhasil untuknya."

Manuel Neuer (Kiper Bayern Muenchen dan Timnas Jerman)
"Buffon adalah salah satu kiper terbaik di dunia dan ia selalu menjadi contoh bagi saya. Dia punya kharisma yang hebat. Melihat ia bermain saat ini, saya berharap dapat memiliki karier sepanjang dirinya. Saya ingin mengucapkan selamat atas segala pencapaian Buffon dan berharap banyak hal hebat terjadi padanya di masa mendatang."

Julio Cesar (Eks kiper Internazionale dan Timnas Brasil)
"Saya benar-benar menghargai Buffon sebagai seorang kiper. Namanya akan selalu berada dalam sejarah. Dia telah menunjukkan bahwa Anda masih dapat dipertimbangkan sebagai seorang juara meski hanya bermain sebagai kiper."

Petr Cech (Kiper Arsenal dan Timnas Rep. Ceska)
"Buffon unik dikarenakan karakternya. Dia memengaruhi rekan-rekannya bukan cuma lewat penyelamatan-penyelamatan, tapi juga lewat keberadaannya di lapangan. Dia menjadi pemain kunci pada momen-momen krusial pertandingan. Hal itu bikin rekan-rekannya merasa aman dan percaya sepenuhnya kepadanya. Saya berharap Buffon dapat memenangi Liga Champion kelak karena ia layak mendapatkannya."

Fabien Barthez (Eks kiper Timnas Prancis)
"Buffon adalah salah satu pemain yang meninggalkan jejak di sepak bola dan telah memengaruhi generasi kiper. Untuk berada di level atas selama bertahun-tahun bukan sesuatu yang bisa diraih banyak orang. Ketika Buffon di depan gawang, Anda merasa tidak ada yang bisa membobolnya."

Iker Casillas (Kiper Porto dan Timnas Spanyol)
"Buffon telah menjadi referensi bagi para kiper di generasi saya dan generasi yang akan datang."

Joe Hart (Kiper Man. City dan Timnas Inggris)
"Buffon adalah nama amat besar di sepak bola. Dia telah menjadi legenda selama bertahun-tahun. Saya menyukai gaya bermainna dan tampaknya ia juga orang yang mudah disukai."


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X