Pemain Sportif Serie B Akan Diganjar Kartu Hijau

By Aloysius Gonsaga - Jumat, 4 September 2015 | 23:03 WIB
Kartu hijau
DOK MIRROR
Kartu hijau

Kompetisi kasta kedua di Italia, Serie B, akan memperkenalkan kartu hijau. Tak seperti kartu kuning dan merah yang merupakan peringatan sekaligus hukuman yang diberikan wasit kepada pemain yang melakukan pelanggaran, kartu ini akan diberikan wasit kepada pemain yang bersikap sportif.

Penghargaan tersebut, yang bakal menjadi sejarah dalam sepak bola profesional, akan dimulai dari wasit Serie-B. Dengan demikian, pengadil lapangan untuk Serie-B akan mengantongi tiga kartu pada setiap pertandingan.

"Ini semua mengenai penghargaan kepada para pemain yang menonjol di antara yang lainnya melalui tindakan-tindakan positif sepanjang permainan, dan dalam olahraga secara umum," ujar presiden Serie-B Andrea Abodi.

Inisiatif itu telah diuji pada kompetisi junior Italia dan akan melakukan debutnya pada sepak bola profesional untuk pertama kalinya, ketika Serie-B dimulai akhir pekan ini.

Nah, kartu hijau ini akan diberikan kepada para pemain, yang misalnya menghentikan permainan untuk mengizinkan ofisial merawat pemain lawan yang cedera atau mengakui melakukan pelanggaran ketika tidak seorang pun melihatnya. Pada akhir musim, kartu-kartu hijau akan dihitung dan pemain paling sportif akan mendapat penghargaan yang sampai saat ini belum ditentukan apa bentuknya.

Pada permainan di mana para pemain secara reguler kerap berusaha mengelabui para ofisial dengan berpura-pura terjatuh di kotak penalti dan berpura-pura mendapat pelanggaran keras agar lawannya dapat dihukum, sportivitas sejati jarang terjadi. Tetapi jika ada pemenang penghargaan kartu hijau dalam beberapa tahun terakhir, maka Aaron Hunt yang berhak mendapatkannya.

Dalam pertandingan krusial Bundesliga di markas FC Nuremberg pada 2014, wasit menghadiahi penalti kepada Bremen setelah Hunt terjatuh di kotak terlarang. Tetapi Hunt segera berdiri dan melakukan protes karena merasa dirinya tidak dilanggar, sehingga penalti itu dibatalkan. Pada akhir pertandingan, meski Bremen menang 2-0, para pemain Nuremberg bersalaman dengan Hunt.

Ide kartu-kartu yang berbeda warna dalam sepak bola bukanlah sesuatu yang baru. Presiden UEFA Michel Platini, salah satu kandidat presiden FIFA, sebelumnya pernah mengusulkan penggunaan kartu putih. Hal itu akan membuat para wasit dapat membatasi penggunaan kartu kuning dengan mengeluarkan para pemain secara temporer.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : afp


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.