Rapor Belanja Fiorentina: Murah tapi Berkualitas

By Theresia Simanjuntak - Rabu, 2 September 2015 | 22:30 WIB
Jakub Blaszczykowski meninggalkan Dortmund demi bermain sebagai pinjaman di Fiorentina.
Christof Koepsel/Bongarts
Jakub Blaszczykowski meninggalkan Dortmund demi bermain sebagai pinjaman di Fiorentina.

Bila dibandingkan dengan beberapa rival Serie A 2015/16, total uang yang dihabiskan Fiorentina untuk berbelanja di musim panas 2015 cenderung rendah.

Menurut La Gazzetta dello Sport pada Selasa (1/9), Si Ungu mendapat 12 pemain baru musim ini. Namun, sebanyak empat orang adalah pemain yang kembali dari masa pinjaman.

Sementara, guna menghadirkan delapan wajah baru lainnya, Fiorentina hanya mengucurkan dana sebesar 16,6 juta euro (262,7 miliar rupiah)!

Pembelian termahal Fiorentina di jendela transfer musim panas 2015 adalah striker asal Kroasia, Nikola Kalinic, dari Dnipro dengan harga 5,5 juta euro (87 miliar rupiah).

Pembelian termurah klub yang mengakhiri Serie A 2014/15 di posisi keempat itu ada dua orang: Mario Suarez (dari Atletico) dan Joan Berdu (Bani Yas). Fiorentina tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk keduanya.

Guna mendatangkan pemain yang diinginkan, Fiorentina memilih untuk meminjam jasa pemain tersebut. Di antara para pemain pinjaman, ada nama Jakub “Kuba” Blaszczykowski, sayap yang selama ini dikenal sebagai bintang Borussia Dortmund.

Pada tenggat transfer, yakni Senin (31/8), Fiorentina sukses merekrut Kuba dengan status pinjaman selama semusim penuh dengan opsi permanen. Fiorentina cuma perlu mengucurkan dana sebesar 1 juta euro sebagai biaya peminjaman.

Transfer tersebut cukup mengejutkan mengingat pemain asal Polandia itu diincar sejumlah klub Eropa, termasuk Liverpool, Arsenal, dan Schalke.

“Saya masih percaya bahwa ada banyak hal yang lebih penting daripada uang,” kata Kuba seperti dilansir ESPN.

Pemain berusia 29 tahun itu merupakan salah satu sosok di balik keberhasilan Dortmund memenangi lima gelar dan maju ke final Liga Champion yang terjadi dalam delapan musim terakhir.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X