10 Klub Paling Untung dari Transfer Pemain (5)

By Suryo Wahono - Kamis, 27 Maret 2014 | 09:41 WIB
Gareth Bale
Getty Images
Gareth Bale

Sejak musim 2008/09 terjadi perputaran dana yang luar biasa besar di bursa transfer pemain. Selama lima musim ada dana sebesar 12,5 miliar euro atau hampir 200 triliun rupiah yang berputar di bursa transfer dan sebagian besar terjadi di lima liga terbesar di Eropa.

2. Real Madrid

Real Madrid memang selalu menjadi klub dengan pengeluaran terbesar hampir di setiap bursa transfer. Akan tetapi, bukan berarti Los Blancos tidak bisa mendapatkan pemasukan besar dari penjualan pemain.

Madrid gemar belanja pemain mahal, namun mereka juga tidak takut melepas sederet pemain kelas wahid pada bursa transfer. Dalam lima musim terakhir raksasa La Liga tersebut berani melego pemain sekelas Arjen Robben, Wesley Sneijder,  Klaas Jan Huntelaar, Gonzalo Higuain, hingga Mesut Ozil.

Penjualan yang dilakukan klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut mendapatkan pemasukan sebesar 303,7 juta euro atau lebih dari 4,7 triliun rupiah dalam lima musim terakhir.

1. Tottenham Hotspur

Tidak ada klub Eropa lain yang mendapatkan pemasukan dari penjualan pemain lebih besar dari Tottenham Hotspur dalam lima musim terakhir. Betapa tidak penjualan Gareth Bale ke Real Madrid pada musim panas 2013 telah memecahkan rekor transfer dunia sebesar 85 juta pound.

Pada tahun sebelumnya Spurs juga mendapatkan pendapatan fantastis dari penjualan Luka Modric ke Los Blancos. Transfer besar lain saat klub yang bermarkas di White Hart Lane ini menjual Dimitar Berbatov ke Manchester United.

Total pemasukan Tottenham dalam lima musim terakhir pun menjadi yang terbesar karena mereka mendapatkan dana segar sejumlah 322,1 juta euro atau lebih dari 5 triliun rupiah.

<<== Sebelumnya




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.