Hamilton Dapat Penalti Mundur 5 Posisi pada GP Austria

By Delia Mustikasari - Sabtu, 8 Juli 2017 | 13:29 WIB
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, berada di pit pada sesi latihan hari pertama GP Austria di Red Bull Ring, Jumat (7/7/2017).
ANDREJ ISAKOVIC/AFP PHOTO
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, berada di pit pada sesi latihan hari pertama GP Austria di Red Bull Ring, Jumat (7/7/2017).

Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, dikenai penalti mundur lima posisi saat start balapan GP Austria, Minggu (9/7/2017).

Penalti ini diberikan karena Mercedes mengganti gearbox mobil W08 yang dikendarai Hamilton.

Delegasi Teknis Federasi Otomobil Internasional (Federation Internationale de I'Automobile/FIA) Jo Bauer mengonfirmasi bahwa pada sesi latihan GP Austria, Mercedes sudah menggunakan gearbox baru di mobil Hamilton.

"Hamilton finis pada balapan terakhir di Sirkuit Baku dan mengganti gearbox sebelum menjalani enam balapan beruntun," kata Bauer mengutip dokumen FIA pasal 23.5.1 yang dilansir situs resmi Formula1.

"Hal ini tidak sesuai dengan Pasal 23.5a dalam regulasi Formula 1, saya merujuk hal ini kepada steward untuk mempertimbangkannya. Tim menginformasikan kepada delegasi teknis tentang perubahan gearbox pada Selasa, 4 Juli 2017 pukul 11.29 waktu setempat," kata Baeur.

Pada balapan GP Azerbaijan, Hamilton mengalami insiden benturan pada mobilnya yang melibatkan Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari) . Hal ini terjadi ketika balapan berlangsung di belakang Safety Car.

Baca juga:

Hamilton tengah memimpin diikuti Vettel. Saat melewati salah satu tikungan, Vettel menabrak Hamilton dari belakang.

Vettel merasa insiden tersebut terjadi karena Hamilton dengan sengaja melambat. Karena kesal, Vettel membawa mobilnya sejajar dengan Hamilton lalu terjadilah insiden benturan.

Sementara itu, Hamilton tampil cemerlang pada hari pertama GP Austria. Dia menjadi yang tercepat pada latihan pertama (practice/P1) dan latihan kedua (P2).


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Formula 1


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X