Rapor Chelsea 2016-2017: Keputusan Taktis Terbaik

By Sabtu, 27 Mei 2017 | 20:02 WIB
Gary Cahill dan John Terry saat mengangkat trofi Premier League dalam laga melawan Sunderland di Stamford Bridge, 21 Mei 2017.
MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES
Gary Cahill dan John Terry saat mengangkat trofi Premier League dalam laga melawan Sunderland di Stamford Bridge, 21 Mei 2017.

Setelah bencana musim 2015/16, di mana Chelsea hanya berada di peringkat ke-10 dan harus melupakan Eropa, menjelang musim baru The Blues hanya memberi target empat besar buat manajer barunya, Antonio Conte.

Penulis: Dian Savitri

Pada enam laga awal, Conte memakai formasi 4-1-4-1 pada lima laga dan 4-3-3 pada satu laga. Hasilnya adalah tiga kali menang, satu kali seri, dan dua kali kalah. Dua kekalahan itu didapat dari rivalrival berat, Liverpool dan Arsenal.

Hasil dari Liverpool dan Arsenal itu membuka mata Conte. Pria asal Italia itu mencari cara untuk membuat Chelsea bisa kembali bangkit dari dua kali kalah itu. Juga untuk memenuhi target.

“Hasil yang buruk, permainan yang buruk,” kata Conte, setelah timnya kalah 0-3 dari Arsenal, September lalu, seperti dikutip dari situs TSN.

“Kami harus melakukan refleksi. Chelsea adalah klub besar, namun hanya di atas kertas, bukan di lapangan. Sekarang, saya harus menemukan keseimbangan dalam tim dalam waktu cepat,” lanjut Conte.

Baca Juga:

Conte tak butuh waktu lama. Pada pekan ke-7 dan seterusnya, ia memakai formasi spektakuler: 3-4-3 atau yang bisa diterjemahkan menjadi 3-4-2-1. Intinya, Conte memakai sistem tiga bek, sebuah formasi yang tak terpikirkan sebelumnya di Liga Inggris.

Hingga akhir musim, pembicaraan hanya seputar formasi itu dan akhirnya banyak klub yang mengopinya, meski hasilnya tak bisa diandalkan. Beda dengan Chelsea.

Dengan formasi itu, tiga bek yang bertugas murni menjaga pertahanan. Fungsi bek sayap dihilangkan. Sementara, empat gelandang di depannya juga tak perlu khawatir dengan pertahanan. Dua pemain sayap mendampingi satu striker.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No.2.771


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.