Lolos ke Babak 16 Besar, Klub Divisi 5 Liga Inggris Dibantu Alam Semesta

By Beri Bagja - Senin, 30 Januari 2017 | 07:41 WIB
Pemain Sutton United, Jamie Collins (kanan), merayakan kemenangan timnya atas Leeds United bersama suporter dalam laga Piala FA di Stadion Borough Sports Ground, Sutton, 29 Januari 2017.
BRYN LENNON/GETTY IMAGES
Pemain Sutton United, Jamie Collins (kanan), merayakan kemenangan timnya atas Leeds United bersama suporter dalam laga Piala FA di Stadion Borough Sports Ground, Sutton, 29 Januari 2017.

Piala FA selalu diwarnai kejutan. Momen spesial yang terjadi musim ini adalah lolosnya Sutton United ke babak kelima atau fase 16 besar turnamen setelah menyingkirkan Leeds United 1-0, Minggu (29/1/2017).

Sutton United melambung karena merupakan satu dari dua wakil National League, selain Lincoln City, yang bertahan sampai babak 16 besar Piala FA 2016-2017.

National League adalah kompetisi level kelima dalam sistem piramida Liga Inggris. Divisi ini juga disebut kompetisi non-liga karena berada di luar lingkar kejuaraan profesional.

Lolosnya Sutton merupakan kejutan besar karena mereka mendepak Leeds United, raksasa Divisi Championship atau kompetisi level kedua.

Jika sistem pemeringkatan antarliga digabungkan, Sutton berada 84 tingkat di bawah Leeds saat ini!

Gol lewat tendangan penalti Jamie Collins pada menit ke-53 cukup menggoreskan sejarah bagi Sutton lolos ke 16 besar. 

Karena prestasi ini, suporter Sutton berpesta bak merayakan gelar. Seusai peluit akhir laga kontra Leeds, mereka berhamburan ke lapangan sederhana di kandangnya, Gander Green Lane, guna menyelamati para pemain.

Situs Sutton menyebut kelolosan mereka adalah bantuan alam semesta. Untuk mencapai babak 16 besar, klub asal kawasan London Selatan itu melewati lima pertandingan sejak tahap kualifikasi.

"Sungguh pencapaian luar biasa bagi para pemain dan klub. Saya tak pernah cukup untuk memuji para pemain," kata pelatih Sutton, Paul Doswell, yang namanya tak terdeteksi di situs Wikipedia sekalipun.

Sang pencetak gol kemenangan, Jamie Collins (32), adalah seorang guru sekolah sebelum meneken kontrak dengan klub lamanya, Aldershot (2011-2012).


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.