Chelsea Juara Premier League, Arsenal dan Man United Gagal Tembus Liga Champions

By Ade Jayadireja - Rabu, 11 Januari 2017 | 11:20 WIB
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Peterborough United dalam ajang Piala FA, di Stadion Stamford Bridge, Minggu (8/1/2017).
GLYN KIRK/AFP
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Peterborough United dalam ajang Piala FA, di Stadion Stamford Bridge, Minggu (8/1/2017).

Chelsea diprediksi bakal angkat trofi pada akhir kompetisi Premier League musim 2016-2017. Sementara itu, Arsenal dan Manchester United finis di luar empat besar.

Demikianlah hasil analisis sebuah komputer super Sports Analytics Machine (SAM) yang dikembangkan Ian McHale, profesor analisis olahraga dan Universitas Salford, bersama koleganya Dr. Tarak Kharrat.

Temuan itu didapat setelah BBC meminta SAM untuk menulis hasil pertandingan antara sekarang dan akhir musim atau pekan ke-38 pada 21 Mei.

Hasilnya, Chelsea akan finis di posisi teratas dengan 85 poin. Dari hasil hingga pekan ke-20, SAM memprediksi Chelsea punya peluang juara sebesar 64 persen.

Baca juga:

Menariknya lagi, dari hasil analisis SAM, Arsenal untuk pertama kalinya akan gagal menembus zona Liga Champions. Pasukan Arsene Wenger itu akan berada di peringkat kelima dengan 76 poin, unggul enam angka atas Manchester United yang berada di bawahnya.

Hal itu membuat Tottenham Hotspur untuk pertama kalinya berada di atas Arsenal pada era Premier League. Tottenham finis kedua dengan 78 poin, unggul satu angka atas Liverpool dan Manchester City.


Hasil prediksi SAM soal klasemen akhir Premier League, seperti dilansir dari BBC pada Rabu (11/1/2017). (DOK BBC)

Saat ini, Chelsea memimpin klasemen dengan koleksi 49 poin. Berturut-turut di bawahnya ada Liverpool (44), Tottenham (42), Man City (42), Arsenal (41), dan Manchester United (39).

Berikut probabilitas tim Premier League finis di 4 besar berdasar analisis SAM:

  • Chelsea 97,6 persen
  • Tottenham 78,7 persen
  • Liverpool 74 persen
  • Man City 67,8 persen
  • Arsenal 61,5 persen
  • Man United 20,3 persen


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.