Juergen Klopp Pernah Ingin Jadi Dokter, tetapi...

By Kamis, 26 November 2015 | 06:05 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.
Alex Livesey/Getty Images
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Juergen Klopp tengah menikmati kesuksesan kariernya sebagai manajer sepak bola. Dia kini disanjung setelah berhasil mengangkat performa raksasa Premier League, Liverpool, yang sempat terpuruk pada awal musim 2015-2016 ini.

Namun, siapa sangka Klopp sempat memiliki cita-cita yang jauh dari lingkungan sepak bola ketika masih muda.

Ya, mantan pelatih Borussia Dortmund ini pernah ingin menjadi dokter yang tentu saja lebih akrab dengan peralatan seperti stetoskop dibandingkan dengan lapangan bola, sepatu bola serta kostum olahraga yang nyaris selalu dikenakan sekarang.

Lantas, mengapa Klopp tak mampu mewujudkan impiannya pada masa muda itu? Ternyata, Klopp tidak cukup cerdas untuk menjadi seorang dokter karena nilainya tidak pernah memenuhi syarat.

Kisah masa lalu Klopp ini tertuang dalam pernyataannya dalam ebook yang baru saja diterjemahkan, Reading The Game. Karena itu, dia mengubah haluan menjadi seorang pesepak bola profesional.

Rupanya, pilihan pria 48 tahun ini tepat dan mungkin takdir yang membawa dia sebagai "penghibur" di lapangan hijau.

Meskipun kariernya sebagai pesepak bola tidak terlalu gemilang, tetapi saat menjadi pelatih, Klopp mampu memperlihatkan kejeniusan sehingga mampu membawa Dortmund memutus dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga.

Selama menjadi bos di Signal Iduna Park pada 2008 hingga 2015, pria kelahiran 16 Juni 1967 ini mengantarkan Dortmund menjadi juara Bundesliga pada 2012-2013 dan 2013-2014, juara DFB Pokal 2013-2014 dan 2014-2015 serta menjadi finalis Liga Champions 2012-2013.

"Awalnya, seorang dokter," ujar Klopp ketika ditanya apa keinginannya saat remaja. "Saya pikir saya masih memiliki sindrom pembantu sampai batas tertentu."

"Namun saya tidak akan berbohong, saya tak yakin cukup cerdas untuk berkarier sebagai dokter. Ketika mereka membagikan sertifikat A-Level, kepala sekolahku mengatakan kepadaku: 'Saya berharap bisa sukses dengan sepak bola, karena ini tidak terlalu bagus untukmu'."


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Mirror


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.