Soal Pergantian Pemain, Manajer Ini Tak Mau Diganggu Gugat

By Jumat, 27 November 2015 | 10:25 WIB
Manajer Manchester City , Manuel Pellegrini, kembali mendapatkan sorotan terkait kebijakannya melakukan pergantian pemain di Premier League 2015/16.
GETTY IMAGES
Manajer Manchester City , Manuel Pellegrini, kembali mendapatkan sorotan terkait kebijakannya melakukan pergantian pemain di Premier League 2015/16.

Data yang dikeluarkan Premier League pada Januari 2015 menyebut bahwa Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini, adalah figur yang sangat suka melakukan pergantian pemain.

Menurut studi tersebut, rata-rata Pellegrini melakukan 2,92 pergantian pemain pada setiap pertandingan. Catatan ahli strategi asal Cile itu cuma kalah dari Manajer Chelsea, Jose Mourinho (melakukan 2,93 pergantian pemain per gim).

Manajemen pergantian pemain yang oke membantu Mourinho memenangi tiga titel Premier League. Pellegrini? Ia menggebrak Inggris di musim perdana via trofi Premier League dan Piala Liga 2013-14 yang dipersembahkannya buat City.

Dalam falsafah sepak bola modern, pergantian pemain sangat diperlukan sebagai sarana pelatih untuk mengubah strategi atau bentuk upaya menghindarkan pemain andalan dari serangan kelelahan.

Hobi Pellegrini mengganti pemain sempat dikritisi oleh fan maupun pengamat sepak bola Inggris usai Man. City membekap Newcastle 6-1 pada pekan ke-8 Premier League 2015-16.

Ketika itu, Pellegrini disebut membuyarkan misi Sergio Aguero untuk menjadi pemain pertama yang sanggup mengemas enam gol di sebuah laga Premier League. Empat menit setelah melesakkan gol kelimanya ke gawang Newcastle, Aguero ditarik keluar oleh Pellegrini.

Alasan Pellegrini mengganti Aguero waktu itu adalah ia cemas cedera sang striker andalan akan lebih parah jika dipaksa bermain penuh. Perihal pergantian pemain kembali membuat Pellegrini disorot, terlebih setelah Man. City menderita kekalahan telak 1-4 dari Liverpool di Etihad pada pekan ke-13 Premier League 2015-16.

Pellegrini disebut terlalu lama menyadari bahwa ia menurunkan susunan starter yang salah saat bersua Liverpool. Eks pelatih Villarreal dan Real Madrid itu menunggu jeda babak buat memasukkan Fernandinho dan Fabian Delph guna menggantikan Yaya Toure serta Jesus Navas.

Keputusan Pellegrini itu berlawanan dengan keinginan fan yang ingin melihat pergantian pemain dilakukan sebelum babak I duel kontra Liverpool kelar. City menjadi bulan-bulanan Liverpool di paruh pertama laga dan sempat tertinggal 0-3.  

Dosa lain Pellegrini di partai melawan Liverpool adalah memercayakan pos bek tengah kepada Martin Demichelis dan Eliaquim Mangala. Fan lebih suka jika Mangala dipasangkan dengan Nicolas Otamendi alih-alih Demichelis. Akan tetapi, Pellegrini bisa berdalih bahwa Otamendi tak berada dalam kondisi 100 persen bugar usai selalu tampil penuh bersama Argentina di sepasang partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 versus Brasil dan Kolombia.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.