Lima PR Juergen Klopp di Liverpool

By Ade Jayadireja - Jumat, 9 Oktober 2015 | 18:01 WIB
Juergen Klopp
Getty Images
Juergen Klopp

Juergen Klopp resmi menjabat sebagai pelatih Liverpool pada Kamis (8/10/2015). Segudang pekerjaan rumah telah menanti pria asal Jerman itu.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan Klopp agar Liverpool bisa kembali menjadi raksasa Inggris atau bahkan Eropa. Apa sajakah itu?

1. Menjaga Philippe Coutinho


Ada sebuah tren yang berkembang di Liverpool belakangan ini. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka kehilangan talenta-talenta terbaiknya.

Sejak 2009, tercatat ada lima bintang Liverpool yang 'dibajak' oleh klub elite Eropa. Tahun depan, bukan tidak mungkin Reds kehilangan Philippe Coutinho.

Coutinho tengah menjadi buruan dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Tugas Klopp adalah meyakinkan gelandang asal Brasil itu untuk bertahan di Anfield selama mungkin.

2. Memperkokoh Tembok Pertahanan

Liverpool sudah kebobolan 10 kali dalam delapan pertandingan Premier League musim ini. Lebih celakanya lagi, mereka baru tiga kali mencatatkan cleansheet.

Tugas Klopp adalah membenahi buruknya koordinasi barisan belakang Liverpool. Ia juga harus mengeluarkan kemampuan terbaik dari Martin Skrtel dan Mamadou Sakho sebagai dua bek sentral.

Apakah Klopp perlu membeli bek baru pada Januari 2016? Bila harus mendatangkan palang pintu baru, Neven Subotic bisa menjadi opsi yang pas. Pemain yang satu ini menjadi bek andalan Klopp semasa di Dortmund.


Editor : Ade Jayadireja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X