Ahli Statistik Membuat Rodgers Terdepak

By Kamis, 8 Oktober 2015 | 15:12 WIB
Brendan Rodgers, terdepak karena perselisihannya dengan ahli statistik Liverpool. Inset: Michael Edwards, analis kepercayaan Fenway Sports Group.
Alex Livesey/Getty Images
Brendan Rodgers, terdepak karena perselisihannya dengan ahli statistik Liverpool. Inset: Michael Edwards, analis kepercayaan Fenway Sports Group.

Menerima gaji 300 ribu pound per tahun atau setara dengan 6,3 miliar rupiah, Michael Edwards merupakan sosok di balik pemecatan Brendan Rodgers.

Edwards bukan tokoh populer di kalangan penggila sepak bola. Namun, pria ini punya andil kuat dalam proses didepaknya Rodgers dari kursi manajerial Liverpool FC.

Dia adalah ahli analisis data yang dikontrak Fenway Sports Group (FSG) selaku pengu asa saham Liverpool.

Sebelum bergabung dengan Liverpool, Edwards merupakan salah satu kepercayaan Direktur Tottenham Hotspur, Daniel Levy.

Edwards tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan kepercayaan FSG. Hampir di setiap laga, Edwards berada di tribun VIP dengan laptop miliknya guna menganalisis permainan para pemain Liverpool.

Ia mengumpulkan data pergerakkan pemain, assist, gol, dan kontribusi bagi tim. Setiap hari, Edwards mengirimkan laporan statistik performa pasukan The Reds kepada para petinggi klub.

Menurut Dailymail, hubungan Edwards dan Rodgers memburuk sejak dua tahun silam. Tepatnya ketika Rodgers menandatangani kontrak baru bernilai 6 juta pound (126,8 miliar rupiah) per tahun setelah membawa Liverpool finis di peringkat dua klasemen Premier League 2013/14.

Keduanya kerap berbeda pendapat soal strategi transfer. Faktanya, Rodgers memang menjadi pengambil keputusan terakhir soal perekrutan pemain.

Namun, Edwards memiliki data berupa angka-angka yang memperlihatkan bahwa pilihan Rodgers tidak tepat.

Laporan analisis statistik Edwards memperlihatkan secara detail betapa besar dana yang telah dikeluar kan Liverpool guna mendatang kan amunisi yang tak mampu memberikan kontribusi bagi tim.

Data inilah yang membuat Rodgers kehilangan peker jaannya sebagai Manajer Liverpool.

Penulis: Wieta Rachmatia

 


Editor :
Sumber : Harian BOLA 8 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.