Cruyff: Van Gaal Membosankan, Mou Tak Mendidik!

By Rabu, 7 Oktober 2015 | 16:00 WIB
Johan Cruyff, mengkritik Louis van Gaal dan Jose Mourinho.
Dean Mouhtaropoulos/Getty Image
Johan Cruyff, mengkritik Louis van Gaal dan Jose Mourinho.

Kekalahan telak Manchester United dari Arsenal pada akhir pekan lalu menyisakan berbagai komentar buat kiprah Setan Merah.

Salah satu sorotan datang dari legenda hidup sepak bola Belanda, Johan Cruyff. Mantan gelandang serang top itu melayangkan kritik buat Manajer United, Louis van Gaal.

Menurut Cruyff, Van Gaal telah mengubah filosofi permainan di United. Di tangan rekan senegaranya tersebut, Setan Merah jadi membosankan.

“Van Gaal tidak membuat timnya menguasai pertandingan. Saya suka sepak bola yang dominan. United tidak bermain seperti itu,” kata Cruyff kepada Sky Sports.

“Saya pikir hasil akhir adalah hal yang kedua. Cara bermain tim lebih penting. Uang memang sangat penting, tapi bagian yang paling krusial adalah fan dibuat senang ketika pulang ke rumah mereka. Anda harus memberikan mereka sesuatu untuk dinikmati,” ujar pria berusia 68 tahun itu.

Dalam riwayat mereka, Cruyff dan Van Gaal memang dikenal memiliki relasi yang tidak terlalu mesra.

Selain mengkritik Van Gaal, Cruyff melayangkan sorotan kepada krisis di tubuh Chelsea. Sasarannya jelas manajer mereka, Jose Mourinho.

Cruyff menilai sosok Mourinho dengan berbagai kontroversinya memberikan contoh buruk bagi anak-anak.

“Dia kontroversial. Hal yang saya sukai dari Mourinho ialah dia selalu mampu menciptakan suasana dan gairah bagi pemain. Hal yang tidak saya sukai adalah Mou selalu meletakkan dirinya di baris pertama,” kata Cruyff.

“Dia seharusnya berkelakuan lebih baik karena disorot media di seluruh dunia. Saya tidak berpikir Mourinho mendidik anak-anak buat bermain sepak bola,” tutur eks jagoan Ajax dan Barcelona itu.

Penulis: Beri Bagja


Editor :
Sumber : Harian BOLA 7 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.