Giliran Legenda Belanda Kritik Perilaku Mourinho

By Firzie A. Idris - Rabu, 7 Oktober 2015 | 04:28 WIB
Johan Cruyff
AFP
Johan Cruyff

Jose Morinho tampaknya tak lepas dari pandangan para pesohor sepak bola di Eropa. Legenda sepak bola Johan Cruyff dengan tegas mengkritik perilaku Mourinho yang tak pantas dilihat oleh anak-anak dan juga pemain muda.

Setelah mantan pelatih tim nasional Inggris, Fabio Capello mengkritik Mourinho tak becus mengelola skuat Chelsea, kini giliran Cruyff melancarkan kritik kepada manajer berkebangsaan Portugal itu. Jika Capello menyoroti bagaimana cara mengelola skuat dan taktik, Cruyff lebih kepada sikap Mourinho di lapangan dan luar lapangan.

Aksi Mourinho kerap mengundang kontroversi lewat beberapa aksinya di pinggir lapangan. Selain itu, komentar-komentarnya yang mengundang kontroversi, terlebih baru-baru ini dengan Arsene Wenger cukup membuat dirinya menjadi sorotan.

Perseteruannya dengan dokter tim, Eva Carniero pada pekan-pekan awal Premier League, cukup menyita perhatian. Belum lagi komentar-komentarnya yang kerap menyerang sesama manajer, pemain sampai wasit, cukup membuat Mourinho dikritik Cruyff. 

“Mourinho kontroversial. Saya suka dia karena selalu bisa menciptakan suasana harmonis di antara pemain. Namun yang tidak saya sukai adalah dia selalu menempatkan dirinya di baris pertama (dalam urusan friksi), padahal seharusnya ada di baris kedua,” ujar Cruyff seperti yang dilansir dari Sky Sports.

Cruyff juga menduga perillaku negatif itu ada kaitannya dengan latar belakang mantan pelatih FC Porto dan Real Madrid itu. Sebelum menjadi pelatih sepak bola, Mourinho bukanlah pesepak bola yang tenar, karena dirinya hanya sebentar menjadi seorang pemain sepak bola dan tidak sukses.

“Itu mungkin berkaitan dengan latar belakangnya, ketika dia tidak pernah disemangati dan disoraki oleh banyaknya pendukung. Mungkin saja karena hal tersebut, tetapi saya tidak berpikir dua sedang mendidik anak-anak untuk bermain sepak bola. Dia harus berperilaku lebih baik karena dia bisa dilihat di semua media di seluruh dunia,” tandas mantan kapten Ajax Amsterdam dan tim nasional Belanda itu.


Editor : Gerry Putra
Sumber : Sky Sports News


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.