Arsene Wenger Menjiplak Balik Resep Alex Ferguson

By Firzie A. Idris - Selasa, 6 Oktober 2015 | 14:05 WIB
Arsene Wenger, dalam laga Arsenal lawan Manchester United (4/10).
Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Arsene Wenger, dalam laga Arsenal lawan Manchester United (4/10).

 Kemenangan Arsenal atas Manchester United, Minggu (4/10/2015), berkaitan erat dengan pelajaran yang diambil Arsene Wenger dari eks manajer Setan Merah sekaligus mantan rivalnya, Sir Alex Ferguson.

Dalam buku autobiografi terakhir Ferguson di halaman 188-189, peramu taktik legendaris itu membeberkan resep mengalahkan tim racikan Wenger. Kata Fergie, tim tidak harus mendominasi permainan saat melawan Arsenal, melainkan mencegat aliran bola mereka.

Resep taktik itulah yang membuat United memenangi 10 dari 14 partai dalam lima tahun terakhir era kepelatihan Ferguson (2008-2013). Hasilnya manjur. United kerap inferior dalam penguasaan bola, tapi justru sering menjadi pemenang. Dalam delapan duel liga terakhir bersama Fergie, rataan penguasaan bola United melawan The Gunners cuma 49,5 persen.

Sebelum duel akhir pekan kemarin, muncul pula sebuah tren bahwa tim yang inferior dalam penguasaan bola akan keluar sebagai pemenang. United membuktikannya ketika menekuk Arsenal pada 2013 dan 2014, sedangkan The Gunners mencontohkannya dalam duel perempat final Piala FA musim lalu.

Wenger pun menjiplak balik resep Sir Alex. Di balik penampilan agresif Arsenal di Emirates kemarin, mereka justru kalah dominan dalam penguasaan bola, tapi efektif dalam konversi peluang dan pemanfaatan ruang antarlini.

Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger dalam duel Arsenal lawan Manchester United, 22 Januari 2012. (David Price/Arsenal FC via Getty Images)


Editor : Beri Bagja
Sumber : Telegraph, Whoscored


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.