Rekor Klub Inggris pada Bursa Transfer

By Aloysius Gonsaga - Rabu, 2 September 2015 | 21:26 WIB
Penyerang Manchester United, Anthony Martial.
Dok. Getty Images
Penyerang Manchester United, Anthony Martial.

Pasar transfer musim panas 2015 untuk Premier League telah ditutup pada Selasa (1/9/2015). Total belanja 20 klub Premier League mencapai 870 juta poundsterling.

Nilai pengeluaran tersebut menjadikan Premier League sebagai kompetisi yang paling boros dibandingkan kompetisi lainnya. Namun, tidak hanya itu saja. Sejumlah klub Premier League juga membukukan rekor tersendiri dalam bursa transfer musim panas ini.

Arsenal membeli Petr Cech dari Chelsea dengan harga 11 juta poundsterling. Harga tersebut menjadikan Cech sebagai kiper termahal sepanjang sejarah Arsenal.

Aston Villa menghabiskan dana sebesar 53,2 juta poundsterling yang merupakan rekor tersendiri bagi mereka dalam bursa transfer. Mereka memperoleh pemasukan sebesar 44,5 juta poundsterling. Pemasukan paling besar dari penjualan Christian Benteke ke Liverpool dengan harga 32,5 juta poundsterling.

Bournemouth membeli Tyrone Mings dengan harga 8 juta poundsterling yang merupakan pembelian termahal bagi mereka. Max Gradel menjadi pemain kedua termahal setelah diboyong dengan harga 7 juta poundsterling. Total, mereka menghabiskan 24 juta poundsterling yang merupakan pengeluaran terbesar sepanjang aktivitasnya pada bursa transfer.

Chelsea membeli Baba Rahman dengan harga 21 juta poundsterling. Dengan harga tersebut, Rahman menjadi bek kiri termahal kedua di sepak bola Inggris, setelah Luke Shaw.

Crystal Palace membukukan rekor dengan membeli Yohan Cabaye. Palace menggelontorkan dana sebesar 10 juta poudsterling untuk mendapatkan Cabaye dari Paris Saint-Germain. Secara keseluruhan, mereka menghabiskan dana sebesar 25,3 juta poundsterling, yang merupakan rekor belanja tim satu bursa transfer.

Everton menjadikan Ramiro Funes Mori sebagai bek termahal dalam sejarah mereka. Everton membeli Mori dengan harga 9,5 juta poundsterling dari Rivel Plate.

Liverpool menobatkan Christian Benteke sebagai pemain termahal kedua klub (32,5 juta poundsterling), setelah Andy Carroll (35 juta poundsterling). Roberto Firmino (29 juta poundsterling) berada di urutan ketiga pemain termahal Liverpool.

Mereka menerima penerimaan terbesar ketiga dengan menjual Raheem Sterling (49 juta poundsterling), setelah menjual Fernando Torres (50 juta poundsterling) dan Luis Suarez (75 juta poundsterling).

Manchester City menjadikan Kevin De Bruyne sebagai pemain termahal City, setelah membelinya dengan harga 54 juta poundsterling dari VfL Wolfsburg, pengeluaran terbesar kedua dari klub Premier League.

Nicolas Otamendi (31,5 juta poundsterling) merupakan bek tengah termahal kedua yang dibeli klub Inggris, setelah Eliaquim Mangala (42 juta poundsterling) yang juga dibeli City. Jika klausul Sterling dan Patrick Roberts dijumlahkan, City akan menghabiskan dana sebesar 158 juta poundsterling. City pun menjadi klub Inggris dengan pengeluaran tersebesar dalam bursa transfer.

Manchester United
menjadikan Anthony Martial sebagai pemain muda termahal dengan nilai transfer sebesar 36 juta poundsterling. Dia menjadi pemain ketiga termahal dalam sejarah Setan Merah setelah Angel Di Maria (59,7 juta poundsterling) dan Juan Mata (37,1 juta poundsterling). Martial juga menjadi penyerang paling mahal bagi MU.

Jika harga Martial berpotensi naik sebesar 58 juta poundsterling, pemain muda asal Prancis tersebut akan menjadi pemain termahal kedua yang dibeli klub Inggris.   

Newcastle United
merekrut Georginio Wijnaldum seharga 14,7 juta poundsterling yang merupakan pembelian terbesar dalam satu dekade. Wijnaldum menjadi pemain termahal ketiga setelah Alan Sherarer (15 juta poundsterling) dan Michael Owen (16,8 poundsterling). Mereka total menghabiskan 47,8 poundsterling, lebih banyak daripada bursa transfer sebelumnya.

Norwich City
membeli Robbie Brady dengan harga 7 juta poundsterling. Brady merupakan pemain termahal kedua dalam sejarah mereka setelah Ricky van Wolfswinkel (8,5 juta poundsterling).

Southampton
membuat Virgin van Dijk sebagai bek termahal dalam sejarah klub dengan nilai transfer 11,5 juta poundsterling. Mereka menerima sekitar 25 juta poundsterling dari penjualan Morgan Schneiderlin, yang merupakan penjualan terbesar kedua setelah menjual Luke Shaw ke Manchester United.

Stoke City
membukkan rekor pembelian dengan merekrut Xherdan Shaqiri dari Inter Milan seharga 12 juta poundsterling. Stoke juga membukukan penjualan paling tinggi dengan melego Asmir Begovic (8 juta poundsterling) ke Chelsea.

Tottenham Hotspur
menjadikan Son Heung-Min (22 juta poundsterling) sebagai pemain termahal ketiga sepanjang sejarah mereka setelah Roberto Soldado (26 juta poundsterling) dan Erik Lamela (30 juta poundsterling).

Watford
menjadikan Etienne Capoue sebagai pemain termahal dengan nilai transfer mencapai 6 juta poundsterling. Mereka menghabiskan 35,4 juta poudsterling, lebih banyak daripada bursa transfer sebelumnya.

West Bromwich Albion
membuat Salomon Rondon sebagai pemain termahal bagi mereka dengan nilai transfer mencapai 12 juta poundsterling. James Chester sebagai bek termahal dengan nilai 8 juta poundsterling.


Editor : Ferril Dennys Sitorus
Sumber : ESPN FC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.