Beli Pemain Muda Mahal Bukan Hal Baru di United

By Theresia Simanjuntak - Selasa, 1 September 2015 | 23:58 WIB
Anthony Martial
John Peters/Manchester United
Anthony Martial

Manchester United secara resmi mengonfirmasi keberhasilan mereka dalam mendatangkan Anthony Martial pada musim panas ini. Pemain 19 tahun itu diboyong dari AS Monaco.

Kubu Iblis Merah tidak menyebutkan berapa nilai transfer Martial. Namun, media-media Inggris berspekulasi bahwa transfer tersebut bernilai fantastis, 36 juta pound (778 miliar rupiah)!

“36 juta pound disetujui untuk Martial. Dia sedang dalam perjalanan menuju Manchester guna menuntaskan tes medis sebelum kembali ke skuat timnas Prancis,” begitu kicauan fotografer United, Craig Norwood, di akun Twitter miliknya, @CraigNorwood, pada Senin (31/8).

Mantan bek United, Rio Ferdinand, tergelitik untuk mengomentari aktivitas transfer bekas klubnya.

“Kebijakan transfer telah berubah secara dramatis dalam waktu yang sangat singkat. Untuk sesuatu yang lebih baik atau lebih buruk?” kata Ferdinand di akun Twitter miliknya, @rioferdy5.

Ferdinand tidak cuma menyinggung harga mahal Martial, tapi juga kepergian sejumlah pemain United di musim panas 2015. Baru-baru ini, United menjual bek Jonny Evans ke West Brom dan meminjamkan bek muda Tyler Blackett ke Celtic. Keduanya merupakan produk akademi klub tersebut.

Kabarnya, sayap muda United, Adnan Januzaj, akan menyusul Hernandez ke Jerman dengan bermain sebagai pinjaman di Borussia Dortmund.

Ferdinand sepertinya menyinggung United yang kini lebih tertarik membeli pemain mahal ketimbang percaya kepada pemain binaan sendiri.

Fenomena membeli remaja berharga selangit sesungguhnya bukan hal baru bagi United. Dari daftar lima pemain muda termahal di EPL, di luar Martial, tiga merupakan pembelian United. Pemain-pemain yang dimaksud antara lain Wayne Rooney, Luke Shaw, dan Anderson.

PEMAIN TERMAHAL DI EPL
RAHEEM STERLING
Dari: Liverpool
Ke: Man. City
Tahun: 2015
Usia saat transfer: 20
Nilai transfer: 49

WAYNE ROONEY
Dari: Everton
Ke: Man. United
Tahun: 2004
Usia saat transfer: 18
Nilai transfer: 27

LUKE SHAW
Dari: Southampton
Ke: Man. United
Tahun: 2014
Usia saat transfer: 19
Nilai transfer: 30

MARIO BALOTELLI

Dari: Internazionale
Ke: Man. City
Tahun: 2010
Usia saat transfer: 20
Nilai transfer: 24

ANDERSON
Dari: Porto
Ke: Man. United
Tahun: 2007
Usia saat transfer: 19
Nilai transfer: 20
Ket: Usia pemain 20 tahun ke bawah. Nilai transfer dalam juta pound.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X