Ketika Man. City Sukses Bermain Tiki-Taka

By Theresia Simanjuntak - Rabu, 12 Agustus 2015 | 23:07 WIB
David Silva
OLI SCARFF/AFP
David Silva

Manchester City memuncakki klasemen EPL 2015/16 berkat kemenangan 3-0 atas tuan rumah West Brom pada pekan I, Senin (10/8).

Yaya Toure memborong dua gol timnya yang semua diukir pada babak I, yakni pada menit ke-9 dan 24. Sedikit perdebatan mengenai gol pertama Toure.

Sejumlah pengamat menilai sepakan gelandang Pantai Gading itu membentur kaki David Silva sebelum bola bergulir ke jala kiper Boaz Myhill. Namun, tidak ada keraguan terkait gol kedua Toure yang dilesakkan secara indah dari luar kotak penalti.

Bek tengah Vincent Kompany menjadi pencetak gol terakhir City dalam duel di Stadion The Hawthorns ini yang tercipta pada menit ke-59.

Sepanjang pertandingan, City begitu lincah melepaskan operan-operan pendek alias bermain dengan gaya khas Barcelona dan timnas Spanyol, tiki-taka. Proses gol kedua Toure adalah salah satu buktinya. Tercatat ada 18 operan sukses sebelum Toure mengeksekusinya menjadi gol.

Otak peragaan tiki-taka ini adalah Silva yang merupakan gelandang andalan timnas Spanyol. Melawan West Brom, pria berumur 29 tahun itu mencatat akurasi operan mencapai 95 persen.

Silva juga membuat peluang sebanyak empat buah di mana satu menjadi assist untuk gol Kompany. Tak heran, kendati tidak mencetak gol, Silva justru dinobatkan sebagai pemain terbaik laga ini.

“Saya menikmati permainan Silva. Penampilannya sungguh sulit dipercaya. Dia tidak membuat kesalahan,” kata Manajer City, Manuel Pellegrini, di Sky Sports.

Secara keseluruhan, City membuat 692 operan sukses, terbanyak di antara tim-tim EPL pada pekan I 2015/16. Bahkan, operan akurat City lebih banyak 211 buah daripada peringkat kedua, Arsenal!

Dari lima tim pemilik operan akurat terbanyak, hanya dua tim yang meraih kemenangan pada pekan I: City dan Man. United. Fakta ini menegaskan tiki-taka bukan jaminan kemenangan. Namun, City sukses memeragakannya dan meraih tiga angka penting.

OPERAN SUKSES TERBANYAK DI PEKAN I EPL 2015/16
Man. City (vs West Brom) - 692 Operan
Arsenal (vs West Ham) - 481
Bournemouth (vs Aston Villa) - 464
Everton (vs Watford) - 451
Man. United (vs Tottenham) - 401


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA edisi Rabu (12 Agustus)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X