5 Statistik Menarik dari Arsenal Vs Chelsea

By Arief Kurniawan - Senin, 3 Agustus 2015 | 11:21 WIB
OLIVIER MORIN / AFP

Arsenal mengalahkan Chelsea 1-0 berkat gol Alex Oxlade-Chamberlain (24') untuk memboyong trofi Community Shield pada Minggu (2/8/2015). Di balik aksi yang terlihat dengan mata, ada sejumlah angka-angka menarik yang menggambarkan jalannya pertandingan. Berikut adalah lima statistik menonjol dari laga di Wembley tersebut, yang dihadirkan berkat kerjasama JUARA.net dengan Labbola.

1. Arsenal cenderung menyerang dari sisi kiri. Tercatat 47% aksi arsenal berasal dari sisi ini.

Zona Aksi Permainan

ARSENAL

CHELSEA

Sisi Kiri

47 %

Sisi Kiri

36%

Sisi Tengah

28%

Sisi Tengah

27%

Sisi Kanan

29%

Sisi Kanan

36%

2. Sampai dengan terjadinya gol Arsenal pada menit ke 24, Chelsea hanya mencatatkan 36 operan sukses di area sepertiga akhir lapangan. Dengan kata lain, hanya 30% dari total operan sukses Chelsea (117) yang berada di sepertiga akhir lapangan. Setelah itu, Chelsea tampil lebih menyerang dengan mencatatkan 195 operan sukses di sepertiga akhir lapangan dari total 426 total operan sukses (46%).

3. Selama babak kedua, Arsenal kesulitan untuk mengembangkan permainan.  Hal ini dapat dilihat dari penurunan perbandingan jumlah operan sukses Arsenal dan Chelsea.  Pada babak kedua, Arsenal hanya mampu melakukan 186 operan sukses,sementara Chelsea meraih 262 operan sukses. Angka-angka ini berbanding terbalik dengan babak pertama di mana Arsenal mampu mengimbangi jumlah operan sukses Chelsea dengan total operan sukses sebanyak 244 operan sukses berbanding 277 operan sukses milik Chelsea.

4. Arsenal menunjukkan pertahanan yang solid di pertandingan ini dengan melakukan total 21 intersep dan 39 sapuan. Nacho Monreal dan Per Mertesacker menjadi pemain yang melakukan intersep terbanyak dengan masing-masing meraih 6 dan 5 kali intersep. Sedangkan, Laurent Koscielny ‘menggila’ dengan melakukan total 16 sapuan sepanjang pertandingan.

5. Eden Hazard dan Radamel Falcao sedang tidak dalam performa terbaik di pertandingan ini. Total dribble Hazard bahkan kalah jauh oleh Nemanja Matic yang berposisi sebagai gelandang bertahan (5x). Sementara, Falcao hanya melepas 19 operan tanpa satu pun merupakan operan kunci. Ia juga gagal mengenai sasaran dari dua usahanya ke gawang dan tak bisa sekali pun membawa si kulit bundar melewati lawan.

Statistik menyerang Eden Hazard  

Menit Bermain

90

Total Operan

53

Operan Kunci

1

Operan Menyilang

0

Total Tembakan

2

Tembakan Tepat Sasaran

0

Melewati Lawan

1


Editor : Labbola
Sumber : Octavery Krisnandana (Labbola)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X