Menilik Revolusi Mental Ala Arsenal

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 1 Agustus 2015 | 21:31 WIB
Leon Neal/Getty Images

Jika berbicara soal Arsenal, maka yang tergambar adalah sebuah klub dengan sejarah panjang yang sudah rindu akan kejayaan. Hal itu dirasa wajar, mengingat Meriam London sudah lupa rasanya mengangkat trofi bergengsi sekelas Premier League.

Arsenal selama ini menjelma hanya sebagai klub pelengkap empat besar di Premier League. Sebab, klub asuhan Arsene Wenger itu selalu gagal melangkah lebih tinggi atau lebih jauh dalam setiap kompetisi yang mereka ikuti.

Untuk level Premier League, Arsenal terakhir kali menjadi juara pada edisi 2003/2004. Rentang waktu 11 tahun tentu sudah terlampau lama untuk klub yang memiliki sejarah panjang.

Padahal, sejak Premier League masih bernama First Division, tercatat sudah 13 gelar dikantongi Arsenal. Lalu, untuk ukuran Piala FA, Arsenal menjadi rajanya.

Mereka merupakan pengoleksi terbanyak gelar kejuaraan tertua di dunia tersebut. Klub asal London Utara sukses meraih 12 gelar Piala FA.

Lagi-lagi, para fans dipaksa menunggu hingga tahun 2014 sejak puasa gelar dari edisi 2004/2005. Akan tetapi, perlahan-lahan mereka mulai menemui konsitensinya.

Hal itu dibuktikan dengan mempertahankan gelar Piala FA pada musim lalu. Dua gelar tersebut seakan menjadi bukti nyata bahwa Arsenal sedang bergerak ke arah kesuksesan.

Wenger mulai berani mengatasi sifat pelitnya dengan mendatangkan pemain berkelas. Bahkan, mereka rela pecah rekor transfer termahal saat mendatangkan Mesut Oezil pada musim panas 2013 senilai 42,4 juta pound.

Berlanjut pada musim panas 2015, para fans seakan mendapatkan harapan yang lebih realistis untuk kesuksesan tim kebanggaan mereka. Kehadiran Petr Cech, yang menyebrang dari Chelsea, memberikan keyakinan tinggi akan kesuksesan Arsenal di musim ini.

Menilik dari segala lini, skuat Wenger memang patut diwaspadai oleh tim anggota Premier League musim ini. Sebab, mereka sukses menyapu bersih kemenangan di pramusim.

Mampukah Wenger melanjutkan revolusi mental Arsenal? Hal itu akan dibuktikan dalam laga melawan juara Premier League musim lalu, Chelsea, dalam ajang Community Shield 2015 pada Minggu (2/8) malam WIB.


Editor : Zulfirdaus Harahap
Sumber : wikipedia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X