Harapan Besar Aston Villa Bebani Pundak Ayew

By Verdi Hendrawan - Rabu, 29 Juli 2015 | 01:23 WIB
Andre Ayew
Sjy Sports
Andre Ayew

Setelah kehilangan Christian Benteke ke Liverpool, Aston Villa berhasil mendapatkan pengganti sepadan pada diri striker asal Ghana, Jordan Ayew.

Aston Villa setuju melepas Benteke dengan harga 32,5 juta pound ke Liverpool dan Fabian Delph ke Manchester City seharga delapan juta pound. Meski memiliki dana besar di jendela transfer musim panas ini, bukan berarti The Villans akan langsung menghabiskannya.

Villa menggunakan dana tersebut dengan memilih pemain pengganti yang sekiranya dapat menjadi penerus Benteke sebagai penyumbang gol terbanyak tim dengan harga yang jauh lebih murah. Sisanya bisa digunakan untuk memperbaiki lini lain, seperti tengha dan juga pertahanan.

Kini pilihan telah jatuh kepada Ayew yang didatangkan Aston Villa dari klub Ligue 1, Lorient, dengan transfer sebesar 12 juta pound (Rp252 miliar). Pemain berusia 23 tahun itu dipercaya bisa menjadi penjaga tingkat ketajaman The Villans pada musim depan.

Ekspektasi ini tentu menjadi beban berat di pundak Ayew yang baru bergabung. Terlebih ketajaman mantan pemain Olympique Marseille itu juga tidak terlalu produktif selama berkarier di Ligue 1.

Pada 2014/15, Ayew memiliki musim tersuburnya selama berkompetisi di Ligue 1 dengan koleksi 12 gol dari 26 laga. Satu lebih sedikit dari yang berhasil dikumpulkan Benteke di Premier League pada musim yang sama.

Namun, waktu yang dimiliki Ayew untuk beradaptasi dengan gaya bermain berbeda di Premier League sangat tipis. Selain itu tuntutan ketahanan fisik yang sangat besar di kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris itu membuat jumlah gol Ayew diragukan bisa meningkat.

Meski demikian, Manajer Tim Sherwood mengaku sangat senang dengan bergabungnya Ayew. Manajer yang pernah meraih gelar juara Premier League saat masih menjadi pemain bersama Blackburn Rovers itu menyebut transfer ini sempurna.

"Saya sangat senang bisa memboyong Jordan bersama klub sepak bola kami. Ia adalah pemain muda yang sangat fantastis dan benar-benar sempurna untuk bermain di Premier League," kata Sherwood kepada situs resmi klub.

Bergabungnya Ayew menjadi pemain ketiga yang datang dari Ligue 1 ke dalam skuat Aston Villa. Sebelumnya Sherwood telah memboyong Jordan Amavi dari Nice dan Idrissa Gueye dari Lille ke Villa Park.

Selain itu, Ayew juga akan kembali bertemu dengan kakaknya, Andre Ayew, yang sudah terlebih dahulu setuju bergabung dengan klub Premier League Lainnya, Swansea City, pada musim panas ini dari Marseille.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : Harian BOLA, Selasa (28/7)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X