Bukti Bahwa Cech Bisa Bawa Arsenal Juara EPL

By Theresia Simanjuntak - Selasa, 28 Juli 2015 | 23:39 WIB
Petr Cech
David Rogers/Getty Images
Petr Cech

Saat Petr Cech resmi beralih dari Chelsea pada akhir Juni, kubu Arsenal diselimuti optimisme bahwa 2015/16 bakal berjalan sukses bagi mereka.

Nama-nama seperti kapten The Gunners, Mikel Arteta, dan legenda klub, David Seaman, percaya bahwa Cech akan berperan besar untuk mengantarkan klub itu juara EPL 2015/16. Komentar senada dilontarkan mantan rekan setim Cech di Chelsea, Frank Lampard.

“Cech adalah kiper kelas dunia. Saya pikir dia akan membantu Arsenal menjadi penantang gelar serius pada musim depan,” kata Lampard pada 9 Juli, seperti dilansir Daily Star.

Bagi sebagian pihak, opini tersebut terkesan berlebihan mengingat Cech “hanya” seorang kiper. Pemain yang jago mencetak gol terkadang lebih bernilai bagi publik ketimbang kiper.

Namun, sepanjang pramusim 2015, Cech memperlihatkan dirinya memang dapat menjadi kunci bagi Arsenal mengakhiri puasa gelar liga yang telah berjalan sejak 2004.

Pemain asal Republik Ceska itu diturunkan pada laga kedua dan terakhir di ajang Piala Emirates 2015 kontra Wolfsburg, Minggu (26/7). Laga itu merupakan debutnya sebagai pemain Arsenal di Stadion Emirates.

Cech turut berperan dalam kemenangan 1-0 tuan rumah atas peringkat 2 Bundesliga 2014/15. Bermain selama 90 ment, pria berumur 33 tahun itu membuat empat penyelamatan sehingga gawangnya tetap steril dari ancaman Wolsfburg. Arsenal pun menjadi juara Piala Emirates 2015, gelar keempat sejak kompetisi ini dilangsungkan pada 2007.

Manajer Arsene Wenger mengakui catatan positif dari sisi pertahanan tidak lepas dari peran Cech yang pintar berkomunikasi dengan lini belakang Arsenal.

“Petr punya pengalaman kelas atas. Ia memperlihatkan ketenangan saat merespons ke suatu situasi. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan diri para bek kami,” kata Wenger seperti diwartakan BBC Sport.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA edisi Selasa (28/7)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X