RETRO: Inilah Alasan Kenapa Capello Disukai FA

By Caesar Sardi - Selasa, 30 Juni 2015 | 05:00 WIB
Fabio Capello.
Uriel Sinai/Getty Images
Fabio Capello.

21 Stuart Pearce, striker legendaris Alan Shearer, ataupun asisten coach Portsmouth, Tony Adams.

Capello tak menuntut gaji tinggi. Beda dengan Mourinho, yang sempat dirayu dengan 6 juta pound per tahun. Capello sudah bilang yes di angka 4 juta pound atau 75,7 miliar rupiah.

Kendala bahasa dianggap tak terlalu berarti oleh FA apalagi Capello sendiri sudah bertekad untuk belajar.

Bagaimana kalau ternyata proses negosiasi buntu? Well, pihak FA akan menggamit Italiano lainnya, Marcello Lippi. Pemenang Piala Dunia 2006 itu sudah menyatakan kesiapannya dan siap dipanggil FA.

Sosok Martin O’Neill dan Juergen Klinsmann juga masih masuk dalam radar FA. Namun, Klinsi kabarnya bakal lebih memilih ke Liverpool bila Rafa Benitez dipecat.

Chief FA, Brian Warwick, sudah menegaskan tak akan mempekerjakan sosok lokal sebagai manajer. Namun, ia justru mengharuskan Englishman alias pria Inggris tulen untuk duduk sebagai asisten alias orang nomor dua.

Terdapat dua alasan utama di balik itu. Yang pertama, orang tersebut akan berperan krusial dalam berkomunikasi dengan pemain, suporter, ataupun jurnalis selagi Capello belajar bahasa Inggris.

Yang kedua, asisten pelatih akan menjadi suksesor jangka panjang bagi manajer yang lepas jabatan. Hingga kini dua kandidat terkuat adalah Shearer dan Pearce. Namun, sosok Tony Adams juga masuk pantauan FA.

(Penulis: Barry Manembu)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 14 Desember 2007, BOLA Edisi No. 1.783


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X