Menegpora: Timnas U-14, Modal untuk Indonesia

By Frengky Aruan - Jumat, 22 Juni 2012 | 13:55 WIB
Andi Mallarangeng apresiasi perjuang timnas U-14 di Jepang
Andi Mallarangeng apresiasi perjuang timnas U-14 di Jepang

14 di Japan-East Asean Football Exchange Programme U-14 Youth Football Festival 2012 di Osaka, Jepang, mendapat berbagai pujian. Tak hanya dari Koordinator Tim Nasional, Bob Hippy, tapi juga dari Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menegpora), Andi Mallarangeng.

Saat ditemui di Hotel Kempinski, Kamis (21/6) malam, Andi bahkan menyatakan bahwa prestasi Indonesia layak diacungi jempol kendati Garuda Muda hanya menempati posisi kedua di bawah Jepang. 

"Ini tentu berita baik. Posisi tidak jadi masalah, karena mereka bisa memberikan terbaik bagi negera di saat usia masih 14 tahun. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi perjuangan mereka di sana," kata Andi.

Andi pun berharap nantinya para punggawa tim nasionl dijaga, juga dibina terus. Hal ini menurutnya penting karena para punggawa timnas U-14 merupakan bibit bagi timnas senior.

"Jadi ini adalah satu hal yang akan menjadi modal kita ke depannya," terang Andi.

Dalam kiprahnya, timnas U-14 memang tampil baik. Dengan modal itu, mereka mampu menahan imbang Jepang 1-1 di laga pembuka atau sehari sebelum membekuk Filipina 2-0 dan Brunei Darussalam 5-0.

Di pertandingan keempat yang dilakukan Kamis (21/6) pagi, pun demikian. Tanpa lelah, Indonesia yang terus berusaha mencari peluang, akhirnya memetik kemenangan dengan skor 1-0 atas Singapura.

Sayang, kejayaannya atas tim di Asia Tenggara tak berlanjut. Di partai pamungkas melawan tim yang notabene musuh bebuyutan, Malaysia, Garuda Muda ditahan 2-2 setelah sempat unggul 2-0 di babak pertama.

Meski begitu, hasil akhir tetap berbicara. Garuda Muda masih menjadi yang terbaik paling tidak dari empat negara ASEAN yang menjadi kontestan, seperti Filipina, Malaysia, Singapura, dan Brunei yang berturut-turut menempati posisi ketiga, keempat, dan kelima.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.