Bantu Sepak Bola Indonesia, Timo Luncurkan Buku

By Dery Adhitya Putra - Rabu, 16 Mei 2012 | 16:13 WIB
Istimewa
Istimewa

sumber yang didapat, juga bantuan pihak-pihak lain, Timo akhirnya membuat sebuah buku yang berisi pedoman pendidikan sepak bola usia dini.

Saat jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5), dalam rangka peluncuran buku berjudul "Kurikulum & Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia Untuk Usia Dini (U5-U12), Usia Muda (U13-20) dan Senior", Timo sendiri menyatakan pembinaan sepak bola usia dini sangat memerlukan suatu kurikulum berstandar yang mengajarkan dasar-dasar sepak bola yang benar dan tepat.

Dengan kurikulum berstandar tersebut, cita-cita Indonesia memiliki pemain-pemain yang andal dengan kualitas yang baik pun bukan tidak mungkin akan tercapai. Hal itu dengan sendirinya, disebutkan Timo, bisa membuat  pemain nantinya membawa nama Indonesia melambung ke posisi yang terhormat, baik di Asia maupun dunia.

"Dengan peluncuran buku ini saya menegaskan bahwa ilmu perlu ditekan dalam pembinaan sepak bola usai dini. Kualitas latihan juga mutlak harus diperbaiki. Kita harapkan kurikulum ini bisa menambah pengetahuan pihak-pihak yang terlibat di dalam pembinaan usai dini," kata Timo.

Berbicara soal buku, Timo menjelaskan buku yang terdiri dari 10 Bab itu sangat lengkap. Di dalamnya diatur dan dibicarakan sejumlah hal, mulai dari prinsip bermain, konsep melatih, kurikulum sesuai kelompok umur, kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dalam organisai latihan, pembuatan program latihan serta eksekusi latihan, dan teori sepak bola modern.

Selain itu, juga dibahas mengenai teori melatih secara modern, berbagai variasi latihan dalam bentuk drill dan permainan lapangan kecil, mencegah dan merawat cedera, pemahaman dasar peraturan pertandingan, hingga aspek-aspek dalam scouting.

"Saya sudah membaca, buku ini sangat lengkap. Bagi pelatih-pelatih yang selama ini masih memakai pengalamannya, serta belum terlalu mengerti tentang pembinaan bisa melihat buku ini. Banyak ilmu yang bisa didapatkan di sini," jelas Djohar Arifin Husin, Ketua Umum PSSI, dalam kesempatan itu.

Bagi Anda yang tertarik, buku berkover merah dengan ilustrasi sejumlah pemain yang sedang memegang bendera Merah Putih ini dapat diperoleh secara cuma-cuma. Anda hanya perlu mendownload dari berbagai website, seperti www.ligaprimer.co.id, www.binasepakbola.com, www.coachtimo.org, atau www.pssi-football.com.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.