Piala Suratin: Setipe dengan Piala Nusantara

By Eko Widodo - Senin, 21 April 2014 | 19:01 WIB
PSSI ingin mengaktifkan kembali Piala Suratin.
Herka Yaris Pangaribowo
PSSI ingin mengaktifkan kembali Piala Suratin.

Kisruh berkepanjangan di level elite PSSI berdampak negatif pada pelaksanaan kompetisi pembinaan usia muda. Piala Suratin yang selama ini menjadi ajang menempa diri pemain belia sebelum berkiprah di jalur profesional mati suri.

Kini, setelah satu tahun berekonsiliasi, jajaran kepengurusan PSSI berniat kembali menghidupkan Piala Suratin. HUT ke-84 PSSI pada Sabtu (19/4) dijadikan momen untuk menegaskan komitmen  untuk memutar pembinaan level usia 18 tahun tersebut.

Rencananya Piala Suratin akan diputar antara bulan Juni hingga September. Skenarionya mirip Piala Nusantara (kompetisi amatir PSSI). Asosiasi Provinsi PSSI akan memutar Piala Suratin level penyisihan di daerah masing-masing, sebelum akhirnya bermuara pada putaran final.

Sebanyak 32 tim terbaik bakal bertanding dalam fase regional dengan format sistem gruping. Sistem pembagian grup dibagi enam region hingga mengerucut pada duel head-to-head pada laga puncak.

“Pengelolaan babak ini akan langsung ditangani PSSI pusat,” kata Joko Driyono, Sekjen PSSI.

Format kompetisi ini tak jauh beda dengan pelaksanaan Piala Suratin lawas. Terakhir kompetisi dihelat pada musim 2012, di mana PSDS mencuat sebagai kampiun.

Juara Piala Suratin
10 Tahun Terakhir
TAHUN    JUARA
2002     Persijap
2003     Persib
2004     PSIS
2005     Mojokerto Putra
2006     Persib
2007     Arema
2008     Persekap
2009     Perseba
2010/2011     Villa 2000
2012     PSDS

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Sumber: Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X