Timnas Jenjang Usia Bakal Diolah di Sawangan

By Editor Eko Widodo - Senin, 10 Maret 2014 | 19:18 WIB
Ilustrasi, sentralisasi timnas junior di Sawangan.
Erly Bahtiar/BOLA
Ilustrasi, sentralisasi timnas junior di Sawangan.

Pola pelatnas junior dibuat berbeda. Di timnas level usia 19, 16, dan 14, BTN menggunakan sitem latihan sentralisasi dengan durasi waktu panjang.Para pemain berlatih bersama tanpa harus menunggu pelaksanaan sebuah turnamen internasional.

Agar program ini bisa berjalan optimal, PSSI bakal membangun sentra pembinaan. Proses pembangunan sentra pembinaan buat timnas usia dini tengah berjalan di kawasan Sawangan, Depok.

Di area ini akan ada tiga sampai empat lapangan berstandar internasional plus bangunan yang berfungsi sebagai mes serta sekolah bagi para pemain. PSSI mendapat bantuan dana dari program FIFA Goal Project.  

“Nantinya seluruh timnas junior akan berlatih di sana. Pada tiap jenjang usia akan ada sistem promosi-degradasi. Pelatnas timnas U-19 menjadi role model yang ke depan diikuti timnas U-16 dan 14,” kata Demis.

Kemampuan PSSI serta BTN mengelola uang pemasukan penjualan hak komersial timnas menjadi penentu mulusnya program ini.

Di sisi lain komitmen jangka panjang seorang pelatih yang ditunjuk menangani timnas junior juga diperlukan. “Makanya kami agak berhati-hati dalam menetapkan komposisi jajaran pelatih. BTN ingin komitmen dari para pelatih yang ditunjuk untuk menjalani kontrak jangka panjang,” ucap Demis.

PSSI secara resmi menunjuk Fachry Husaini sebagai pelatih kepala timnas U-16 dan 14. Ia akan didampingi Rasiman serta Yeyen Tumena.

TAHUKAH ANDA?

Rp 5 Miliar: Untuk membangun sentra pembinaan timnas junior, PSSI mendapat bantuan Rp5 miliar dari program FIFA Goal Project. PSSI sendiri telah mengalokasikan dana Rp30 miliar untuk membangun pusat pelatihan di Sawangan.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X