Rahasia Kesuksesan Timnas U-19

By Kukuh Wahyudi - Senin, 23 September 2013 | 18:59 WIB
Indra Sjafri, pelatih timnas U-19.
Robertus Pudiyanto/Getty Images
Indra Sjafri, pelatih timnas U-19.

19 tampil sebagai juara Piala AFF U-19 usai menundukkan Vietnam lewat drama adu penalti. Capaian gemilang itu tak lepas dari tangan dingin pelatih Indra Sjafri selaku pelatih kepala. Berikut petikan wawancara BOLANEWS dengan pelatih asal Padang tersebut:  

Apa saja rahasia di balik sukses timnas U-19?

Berprilaku dan bersikap profesional di dalam maupun di luar lapangan. Semua pemain memegang prinsip itu dan menjalankannya dengan hati.

Profesionalisme itu meliputi apa saja?

Saya buat aturan ketat dan mengikat yang harus ditaati pemain di luar maupun di dalam lapangan. Saya menekankan agar anak-anak menjaga moralitas, mentalitas, etika dan disiplin. Tidak ada toleransi, apalagi kompromi terkait hal itu.

Saya menindak tegas siapa pun yang melanggarnya. Tidak ada tempat bagi pemain yang tidak mengindahkan aturan yang saya buat.

Detailnya seperti apa?

Saya bikin semua teratur dan tepat waktu. Latihan, makan, tidur dan detail kecil lainnya. Saya harus membuat aturan seperti itu supaya mereka terbiasa. Saya selalu tekankan agar anak-anak menjaga kondisi dan semuanya, karena mereka bukan selebriti. Mereka adalah pemain sepak bola yang harus selalu dalam kondisi prima.

Apakah ada pemain yang tersingkir karena tak menjalankan aturan?

Ada, tapi tidak perlu sebut nama. Saya tidak memasukkan namanya karena selama persiapan dia pernah terlambat masuk bus saat akan berangkat latihan, turun ke restoran hotel saat jam makan, dan beberapa pelanggaran aturan lain. Tapi ketika sudah mengerucut menjadi 20 pemain saja, sudah tidak ada lagi.


Editor : Fahrizal Arnas


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.