Muhammad Arfan, Pilar Jangka Panjang Pasukan Ramang

By Minggu, 11 Juni 2017 | 09:50 WIB
Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan, saat tampil melawan PS TNI dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (15/5/2017) malam WIB.
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA
Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan, saat tampil melawan PS TNI dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (15/5/2017) malam WIB.

Nama Muhammad Arfan perlahan mulai berkibar di kancah sepak bola Indonesia. Gelandang muda PSM Makasar ini bukan hanya mampu menggantikan peran Asnawi Mangkualam, yang beberapa kali absen karena harus membela tim nasional U-22, melainkan juga berhasil memenangi hati pelatih Robert Rene Albert.

Penulis: Yosrizal

Arfan telah menjelma sebagai idola baru di Makassar. Kepiawaian pemain berusia 21 tahun ini terlihat jelas ketika membantu PSM mendulang poin penuh di kandang Perseru Serui, Stadion Marora, yang notabene menjadi tempat angker bagi setiap tim tamu, pada 4 Mei lalu.

Ketika itu, Arfan diberi peran penting oleh Robert. Jebolan PSM U-21 ini mendapat kepercayaan menempati posisi gelandang sentral selama 84 menit sebelum ditarik keluar untuk bertukar tanggung jawab dengan Asnawi.

Sebagai pemain muda, Arfan bisa mengimbangi dan berkolaborasi secara apik bareng gelandang asing, Marc Anthony Klok.

Keduanya memperlihatkan kinerja yang memuaskan Robert, sampai-sampai pelatih berkacamata itu tak segan memuji Arfan sebagai the next generation of PSM.


Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan, saat tampil melawan PS TNI dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (15/5/2017) malam WIB.(HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA)

Para pendukung PSM pun merekomendasikan duet Arfan-Klok ketimbang Klok-Asnawi. Alasannya tidak lain karena permainan tandem yang disebut paling pertama tergolong lebih padu. Kalau Klok-Asnawi punya tipe bermain serupa, lalu apa kata Arfan?

“Saya banyak belajar dari para senior. Saya bukan siapa-siapa. Sebagai pemain, saya selalu siap tampil maksimal kalau dipercaya pelatih, dengan siapa saja. Keputusan itu adalah hak pelatih. Saya selalu siap,” katanya kepada BOLA.

Baca Juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.775


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.