'Rasa' Indonesia Saat Timnas U-19 Vs Brasil U-20

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 1 Juni 2017 | 21:30 WIB
Timnas U-19 Indonesia berlatih di Stade Municipal, Marseille, pada Senin (29/5/2017) malam waktu setempat.
Dok. PSSI
Timnas U-19 Indonesia berlatih di Stade Municipal, Marseille, pada Senin (29/5/2017) malam waktu setempat.

Ada hal yang menarik pada pertandingan Grup C Toulon Tournament 2017 antara tim nasional U-19 Indonesia dan timnas U-20 Brasil di Stade d'Honneur Marcel Roustan, Salon-de-Provence, Rabu (31/5/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Hal menarik tersebut adalah munculnya alunan gamelan yang terdengar di stadion saat menjelang sepak mula dan jeda pertandingan.

Saat kedua tim melakukan pemanasan, lagu-lagu "ngebeat" diperdengarkan untuk memacu semangat kedua tim. Lalu tak berselang lama, alunan musik gamelan mulai "disetel".

Saat jeda, alunan gamelan pun menjadi "teman" para penonton yang menunggu babak kedua dimulai. Suara gamelan tersebut bisa didengarkan di video Youtube berikut sejak menit 32.54 detik.

Asisten Manajer Timnas U-19, Wide Putra Ananda, menjelaskan bahwa alunan musik gamelan merupakan inisiatif dari panitia penyelenggara.

"Sebelum pertandingan, Brasil menampilkan capoeira (seni bela diri). Sementara kami tidak mempersiapkan penampilan apapun. Jadi kami sempat kaget pas ada suara gamelan," kata Wide kepada JUARA, Kamis (1/6/2017).

Kemungkinan besar, menurut Wide, pihak panitia berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia terkait alunan gamelan tersebut.

"Kemungkinan seperti itu. Banyak juga orang Konjen yang datang ke stadion. Mereka senang saat gamelan mengalun di stadion," tutur Wide.

Pertandingan ini dimenangkan Brasil dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Gabriel Novaes pada menit ke-38. Namun, permainan tim besutan Indra Sjafri banyak diapresiasi oleh media-media Brasil.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.