Perencanaan demi Optimisme di Tim Indonesia U-22

By Senin, 20 Maret 2017 | 10:21 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla (kedua dari kanan), memberikan instruksi kepada peserta seleksi timnas U-22 yang dilangsungkan di SPH Karawaci, Kamis (23/2/2017).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla (kedua dari kanan), memberikan instruksi kepada peserta seleksi timnas U-22 yang dilangsungkan di SPH Karawaci, Kamis (23/2/2017).

Sejak sebelum menggelar seleksi Indonesia U-22 tahap pertama, Luis Milla dan staf kepelatihannya sepertinya memang sudah menentukan pilihan. Daftar pemain yang dipanggil untuk uji coba melawan Myanmar, Selasa (21/3/2017), menjadi tolok ukur sederhana.

Penulis: Andrew Sihombing/Segaf Abdullah

Dari total 26 pemain yang masuk dalam skuat akhir, 19 di antaranya sudah dipanggil sejak seleksi tahap pertama pada bulan lalu.

Enam yang masuk seleksi tahap pertama, tetapi akhirnya tak dipanggil untuk laga debut Milla sebagai pelatih timnas Indonesia ini adalah M Riyandi (Barito), Rully Desrian (Bali United), M. Zaenuri (Perseru), Yabes Roni (Bali United), Marinus Wanewar (Persipura), serta Rizky Dwi Febrianto (Madura United).

Nama yang disebut terakhir bisa dibilang agak mengejutkan karena selalu dipanggil dalam ketiga tahapan seleksi.

Di sisi lain, dari 26 pemain untuk laga melawan Myanmar, hanya Dendy Sulistyawan, Bagas Adi Nugroho, serta Andy Setyo Nugroho yang cuma sekali dipanggil ke seleksi.

Artinya, mayoritas pemain sudah cukup familiar dengan pola permainan yang diinginkan oleh Milla. Soliditas tim pun boleh jadi sudah relatif terbentuk. Ini yang membuat Milla optimistis menatap debutnya sebagai pelatih Tim Merah Putih.

Pelatih yang sempat membawa Spanyol U-21 memenangi Piala Eropa U-21 ini pun tak segan mematok target kemenangan, tak peduli betapa Myanmar diyakini bakal tampil dengan mayoritas pemain senior yang berlaga di Piala AFF 2016.

"Tentu saya menginginkan kemenangan di laga uji coba nanti," kata Milla dalam sesi konferensi pers di Hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (16/3/2017), siang.

"Walau begitu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti pembentukan tim yang baru tiga bulan, tim yang merupakan kumpulan pemain muda, serta masih panjangnya waktu menuju SEA Games 2017," tuturnya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.