Proses Naturalisasi Ezra Walian Direstui DPR

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 16 Maret 2017 | 19:19 WIB
Striker asal Belanda berdarah Indonesia, Ezra Walian (kiri) dan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi (kanan), berpose seusai laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016) sore WIB.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Striker asal Belanda berdarah Indonesia, Ezra Walian (kiri) dan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi (kanan), berpose seusai laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016) sore WIB.

Proses naturalisasi Ezra Walian dan ayahnya yaitu Glenn Arthur Walian menemui titik terang. Hal itu lantaran Komisi X DPR RI menyetujui pengajuan kewarganegara Indonesia bagi Ezra yang saat ini memegang paspor Belanda.

Persetujuan tersebut didapat pada rapat terbuka yang juga menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di ruang rapat Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Dalam rapat tersebut, Menpora memberikan beberapa pertimbangan yang membuat Ezra dan ayahnya layak untuk dinaturalisasi. Salah satu pertimbangannya adalah prestasi gemilang di tim Jong Ajax Belanda. Sedangkan sang ayah diperlukan keilmuannya untuk masuk manajer kurikulum program pengembangan usia muda.

"Kami ucapkan terima kasih atas persetujuannya. Dengan adanya keputusan ini semoga proses perpindahan kewarganegaraan ini bisa secepatnya terwujud. Yang terpenting, naturalisasi bukan sebuah opsi. Namun menutup kebutuhan saat ini. Selanjutnya, pembinaan usia muda menjadi keharusan agar kebutuhan pemain tercukupi," kata Menpora seperti dikutip dari Antara.

Meski telah memberikan persetujuan, pihak Komisi X DPR RI tetap memberikan beberapa catatan yang di antaranya DPR meminta dalam rapat bisa dihadiri oleh Ezra Walian maupun Glen Arthur Walian. Selain itu, harus mendapatkan jaminan dari induk organisasi sepak bola Indonesia yakni PSSI jika dengan datangnya pemain ini prestasi bisa lebih baik.

"Produknya ini sepak bola. Paling tidak secara peringkat di FIFA, Indonesia bisa terus naik. Naturalisasi jangan hanya sekadar koleksi, tapi yang terpenting adalah prestasi," ujar Wakil ketua Komisi X DRP RI Ferdiansyah.

Keputusan ini diharapkan menjadi acuan karena untuk penetapan kewarganegaraan Republik Indonesia tetap dilakukan oleh instansi yang berenang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keputusan ini selanjutnya akan dilaporkan ke Presiden.

Ezra Walian merupakan pemain kelahiran 22 Oktober 1997. Pemain keturunan Manado ini saat ini memperkuat tim Jong Ajax yang berlaga di kompetisi Divisi 2 Liga Belanda atau lebih dikenal Eerste Divise.

Pemain dengan posisi striker ini bahkan sudah merasakan sebagai tulang punggung timnas muda Belanda mulai dari U-15, U-16 dan U-17.

Dari seluruh laga yang pernah dilalui, Ezra telah menyumbangkan delapan gol dari tujuh pertandingan termasuk lima gol yang dilesatkan ke gawang San Marino pada kualifikasi Piala Eropa U-17 pada 2014.

Jika Ezra Walian proses naturalisasinya tuntas, maka akan memperpanjang deretan pemain naturalisasi. Sebelumnya, PSSI pernah menaturalisasi Cristian Gonzales (Sepak Bola), Kim Jeffrey Kurniawan (Sepak Bola), Diego M. Michels (Sepak Bola), Greg Nwokolo (Sepak Bola), Stefano Lilipaly (Sepak Bola), Victor Igbonefo (Sepak Bola), Sergio Van Dijk (Sepak Bola), Jhonny van Beukering (Sepak Bola), Tony Cusell Lilipaly (Sepak Bola), Pierre Bio Paulin (Sepak Bola), Jamarr Andre Johnson (Basket), dan Roxana Nastrusnicu (Gulat). 


Editor :
Sumber : Antara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X